PENGARUH SUMBER BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PLUPUH TAHUN AJARAN 2015/2016

Yulianto Nugroho, Permadi and , Drs. Djumali, M.Pd (2015) PENGARUH SUMBER BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PLUPUH TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (217kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
Halaman Depan.pdf

Download (528kB)
[img] PDF (BAB I)
Bab 1.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (BAB II)
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (BAB III)
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (737kB)
[img] PDF (BAB IV)
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (BAB V)
Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar pustaka.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
Pernyataan Publikasi Karya Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sumber belajar dan keaktifan belajar siswa baik secara parsial maupun secara serentak terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VII di MTs Negeri Plupuh. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan pengujian hipotesis. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri Plupuh tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 249 siswa. Sampel diambil sebanyak 146 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan cara undian. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang telah diujicobakn terlebih dahulu dan diuji validitas serta uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda, uji t, uji F, uji R2, serta sumbangan relatif dan efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Sumber belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII MTS Negeri Plupuh Sragen tahun pelajaran 2015/2016. Hasil analisis regresi memperoleh nilai thitung > ttabel (5,396 > 1,980) dengan p-value = 0,000 diterima pada taraf signifikansi 5%. Kontribusi sumber belajar terhadap hasil belajar IPS siswa adalah sebesar 7,6%; 2) Keaktifan belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII MTS Negeri Plupuh Sragen tahun pelajaran 2015/2016. Hasil analisis regresi memperoleh nilai thitung > ttabel (9,012 > 1,980) dengan p-value = 0,000 diterima pada taraf signifikansi 5%. Kontribusi keaktifan belajar terhadap hasil belajar IPS siswa adalah sebesar 54,9%; 3) Sumber belajar dan keaktifan belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII MTS Negeri Plupuh Sragen tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini terbukti dari hasil analisis uji F yang memperoleh nilai Fhitung > Ftabel (119,373 > 3,07) pada taraf signifikansi 5%. Secara keseluruhan variabel pengaruh sumber belajar dan keaktifan belajar memberikan kontribusi sebesar 62,5% terhadap hasil belajar IPS siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sumber Belajar, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with username a210110002
Date Deposited: 28 Oct 2015 07:25
Last Modified: 12 Oct 2021 04:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38365

Actions (login required)

View Item View Item