Penerapan Strategi Jigsaw Pada Mata Pelajaranilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Dengan Materi Bentuk Muka Bumi Dan Aktivitas Penduduk Di Indonesia Untuk Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015

Fajar Riah, Qowiyyu and , Drs. Muhammad Musiyam, M.TP (2015) Penerapan Strategi Jigsaw Pada Mata Pelajaranilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Dengan Materi Bentuk Muka Bumi Dan Aktivitas Penduduk Di Indonesia Untuk Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (653kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (119kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (505kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untukmeningkatkanpembelajaran siswa dalam pelajaran IPS kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015 dengan menggunakan strategi Jigsaw. Strategi jigsaw lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan strategi konvensional. Subjek penelitian adalah kelas VII yaitu kelas VII B dan VII C yang berjumlah 54 siswa. Penelitian ini menggunakan kelas kontrol dan kelas eksperimen, kelas VII B yaitu kelas kontrol sedangkan kelas VII C yaitu kelas ksperimen.Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan strategi Jigsaw dapat meningkatkan keefektifan siswa dalam belajar IPS kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta. Hasil pengujian hipotesis data menggunakan uji paired sample t test, uji independen sample t test dan uji mann-whitney. Hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan adanya perbedaan. Nilai rata-rata kelas eksperimen yang sudah mendapatkan perlakuan menggunakan strategi jigsaw, nilai post test pengetahuan dan ketrampilan rata-rata 75,03% dan 3,83% dan nilairata-rata kelas kontrol post test pengetahuan dan ketrampilan yaitu 69,96% dan 3,5% dan nilai rata-rata kelas kontrol pre test pengetahuan yaitu 55,50% dan nilai rata-rata kelas kontrol 50,54%. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai eksperimen lebih efektif dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol, sehingga Ho diterima dan Ha ditolak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Strategi Jigsaw Tujuan Pembelajaran
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Qowiyyu Fajar Riah
Date Deposited: 19 Oct 2015 06:55
Last Modified: 11 Oct 2021 06:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37891

Actions (login required)

View Item View Item