Fajar Riah, Qowiyyu and , Drs. Muhammad Musiyam, M.TP (2015) Penerapan Strategi Jigsaw Pada Mata Pelajaranilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Dengan Materi Bentuk Muka Bumi Dan Aktivitas Penduduk Di Indonesia Untuk Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (653kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BAB I)
BAB 1.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (119kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
|
PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (505kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untukmeningkatkanpembelajaran siswa dalam pelajaran IPS kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015 dengan menggunakan strategi Jigsaw. Strategi jigsaw lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan strategi konvensional. Subjek penelitian adalah kelas VII yaitu kelas VII B dan VII C yang berjumlah 54 siswa. Penelitian ini menggunakan kelas kontrol dan kelas eksperimen, kelas VII B yaitu kelas kontrol sedangkan kelas VII C yaitu kelas ksperimen.Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan strategi Jigsaw dapat meningkatkan keefektifan siswa dalam belajar IPS kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta. Hasil pengujian hipotesis data menggunakan uji paired sample t test, uji independen sample t test dan uji mann-whitney. Hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan adanya perbedaan. Nilai rata-rata kelas eksperimen yang sudah mendapatkan perlakuan menggunakan strategi jigsaw, nilai post test pengetahuan dan ketrampilan rata-rata 75,03% dan 3,83% dan nilairata-rata kelas kontrol post test pengetahuan dan ketrampilan yaitu 69,96% dan 3,5% dan nilai rata-rata kelas kontrol pre test pengetahuan yaitu 55,50% dan nilai rata-rata kelas kontrol 50,54%. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai eksperimen lebih efektif dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol, sehingga Ho diterima dan Ha ditolak.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan Strategi Jigsaw Tujuan Pembelajaran |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Qowiyyu Fajar Riah |
Date Deposited: | 19 Oct 2015 06:55 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 06:33 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37891 |
Actions (login required)
View Item |