Syah, Burhanudin and , Masduki, S.Si, M.Si (2015) Eksperimentasi Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Keaktifan Dan Kemandirian Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Susukan. Skripsi thesis, Universitas Muhamadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (365kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (516kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (105kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (561kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (565kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
PERNYATAAN NASPUB.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis: (1) pengaruh pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar (2) pengaruh keaktifan siswa terhadap hasil belajar (3) pengaruh kemandirian siswa terhadap hasil belajar (4) pengaruh pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar ditinjau dari keaktifan siswa (5) pengaruh pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar ditinjau dari kemandirian siswa (6) pengaruh keaktifan dan kemandirian siswa terhadap hasil belajar (7) pengaruh pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar ditinjau dari keaktifan dan kemandirian siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Susukan tahun ajaran 2014/2015. Sampel dari penelitian ini kelas X.Mipa sebagai kelas eksperimen menggunakan strategi pembelajaran problem solving dan kelas X.Sos sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional.Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah probability random sampling.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode bantu. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis variansi tiga jalanyang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas.Dari hasil penelitian pada α=5%, diperoleh: (1) tidak ada pengaruh pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar dengan nilai sig.=0,282>0,05 (2)tidak ada pengaruh keaktifan siswa terhadap hasil belajar dengan nilai sig.=0,678>0,05 (3) tidak ada pengaruh kemandirian siswa terhadap hasil belajar dengan nilai sig.=0,401>0,05 (4) tidak ada pengaruh pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar ditinjau dari keaktifan siswa dengan nilai sig.=0,984>0,05 (5) tidak ada pengaruh pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar ditinjau dari kemandirian siswa dengan nilai sig.=0,276>0,05 (6) tidak ada pengaruh keaktifan dan kemandirian siswa terhadap hasil belajar dengan nilai sig.=0,616>0,05 (7) tidak ada pengaruh pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar ditinjau dari keaktifan dan kemandirian siswa dengan nilai sig.=0,103>0,05
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem solving, konvensional, Hasil belajar, Keaktifan, Kemandirian. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Burhanudin Syah |
Date Deposited: | 06 Oct 2015 09:43 |
Last Modified: | 10 Oct 2021 16:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37616 |
Actions (login required)
View Item |