Hardianto, Agung and , Mochamad Solikin, S.T. M.T. Ph.D. and , Ir. H. Muhammad Nursahid, M.M M.T. (2015) Analisa Pengendalian Manajemen Waktu Dan Biaya Proyek Pembangunan Hotel Dengan Network CPM Studi Kasus : Batiqa Hotel Palembang. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
02. NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Halaman Depan)
03. HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BAB I)
04. BAB I.pdf Download (231kB) |
|
PDF (BAB II)
05. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
|
PDF (BAB III)
06. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (283kB) |
|
PDF (BAB IV)
07. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
|
PDF (BAB V)
08. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (BAB VI)
09. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (86kB) |
|
PDF (Lampiran)
11. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi Ilmiah)
01. SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) |
Abstract
Tugas akhir ini dimaksudkan untuk menganalisa perkembangan proyek dan bagaimana melakukan pengendalian waktu dan biaya pada proyek pembangunan hotel Batiqa hotel Palembang. Analisa perkembangan proyek dilakukan dari awal pelaksanaan sampai dengan minggu ke-64, yang mana pada minggu ke-64 peneliti selesai melaksanakan penelitiannya. Dikarenakan waktu rencana pelaksanaan proyek adalah 86 minggu, maka mulai minggu ke-65 sampai minggu ke-86 dilakukan penjadwalan kembali dengan menggunakan metode CPM. Metode penelitian ini memiliki beberapa tahapan. Tahap pertama adalah studi pustaka dan survei ke lokasi. Tahap kedua adalah pengumpulan data-data. Tahap ketiga adalah pengolahan data yang didapat. Tahap keempat adalah analisa hasil dan kesimpulan saran. Hasil analisa perkembangan pelaksanaan proyek selama 64 minggu, proyek mengalami keterlambatan pada minggu ke-64. Selama pelaksanaannya proyek tidak terus menerus terlambat, pada beberapa minggu awal proyek berjalan baik, setelah masuk minggu ke-9 proyek mulai terjadi keterlambatan. Pada pertengahan pelaksanaannya, proyek kembali dapat mengejar progresnya pada minggu ke-36 sampai minggu ke-37. Kemudian proyek mengalami keterlambatan lagi pada minggu ke38 hingga minggu ke-64. Namun disamping itu proyek juga mengalami penghematan biaya hingga Rp 5.121.238.436 pada minggu ke-64. Setelah melakukan analisa pelaksanaan proyek selama 64 minggu, kemudian dari sisa waktu pelaksanaan yang ada dilakukan penjadwalan kembali (rescheduling). Dari hasil pembuatan penjadwalan kembali dengan biaya normal sisa pekerjaan sebesar Rp 12.661.955.002 selama 20 minggu waktu kerja. Disini peneliti membuat sebelas alternatif percepatan pelaksanaan pekerjaan dari pekerjaan yang dibuat penjadwalan kembali. Dari sebelas alternatif yang dibuat dipecah menjadi tiga bagian yang dibedakan berdasarkan waktu percepatannya, dan dari tiga tersebut akan dipilih yang paling efisien berdasarkan biaya penambahannya. Tahap terakhir akan didapat salah satu alternatif pekerjaan yang paling optimal dari ke tiga bagian yang disebutkan sebelumnya. Alternatif pekerjaan yang paling optimal adalah alternatif ketujuh, yang mana mengalami penambahan biaya paling sedikit dari segi total biaya, pemakaian tenaga kerja yang dipakai, biaya overhead, dan berapa banyak pekerjaan yang dilakukan percepatan serta waktu pelaksanaannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | CPM, manajemen biaya, manajemn waktu, pengendalian proyek, perencanaan kembali |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Agung Hardianto |
Date Deposited: | 11 Sep 2015 07:49 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 14:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37359 |
Actions (login required)
View Item |