Astanti, Tulus Puji and , Drs. Dahroni, M.Si (2015) Pengembangan Bahan Ajar IPS Terpadu Kelas IX Dengan Sub Tema Negara Maju Dan Negara Berkembang Dalam Menanamkan Wawasan Kebencanaan Di SMP Negeri 1 Kartasura. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (598kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN AWAL.pdf Download (728kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (234kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (996kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya wawasan kebencanaan disekolah, karena kurangnya bahan ajar yang mampu mendorong minat siswa dalam mempelajari bencana. Pengembangan bahan ajar kebencanaan perlu dilakukan sehingga dapat membantu siswa dalam mempelajari kebencanaan. Tujuan penelitan ini adalah (1) membuat kriteria bahan ajar IPS Terpadu yang dibutuhkan siswa, (2) membuat model dan materi bahan ajar IPS Terpadu untuk siswa kelas IX, (3) mengetahui efektifitas bahan ajar yang telah dikembangkan dengan sub tema negara maju dan berkembang dalam menanamkan wawasan kebencanaan disekolah. Jenis dari penelitian ini adalah menggunakan prosedur penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian dan pengembangan (R&D) adalah suatu proses atau langkah-langkah untuk mengembangkan suatu produk baru. Berdasarkan analisis kebutuhan bahan ajar siswa dan guru membutuhkan materi yang berisi tentang hakikat kebencanaan, contoh bencana dan latihan soal. Disajikan secara singkat dan padat serta penyampaian tujuan pembelajaran secara implisit. Bahan ajar dikemas dengan ukuran A5(148x210cm) menggunakan font times new roman ukuran 11 dan sampul berwarna mencolok. Disampaikan dengan bahasa yang baik, benar, komunikatif dan sesuai dengan ejaan yang telah disempurnakan (EYD). Kemudian bahan ajar dinilai oleh dosen ahli, guru dan siswa berdasakan per aspek (isi/materi, penyajian, grafika, dan kebahasaan) memperoleh nilai rata-rata 81,8 termasuk dalam kategori sangat sesuai. Untuk mengetahui keefektifan bahan ajar, dapat dilihat melalui proses pembelajaran berupa pre test dan post test pada kelas eksperimen dan kelas control. Pada kelas control yang tidak ada perlakuan memperoleh nilai rata-rata pada pre test 64,13 dan pada post test 64,13, sedangkan pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata pre test sebesar 64,63 dan post test (setelah mendapat perlakuan menggunakan bahan ajar yang dikembangkan peneliti) nilai rata-ratanya meningkat menjadi 98,38. Sehingga dapat disimpulkan bahwa buku “mengenal seputar bencana dari Negara maju dan berkembang” berhasil menanamkan wawasan kebencanaan, atau dengan kata lain buku tersebut efektif.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan bahan ajar, kebencanaan, IPS terpadu |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Tulus Puji Astanti |
Date Deposited: | 08 Sep 2015 04:07 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 06:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37339 |
Actions (login required)
View Item |