Karakteristik Perubahan Organisasi dan Strategi Pengembangan Sebagai Upaya Peningkatan Kinerja Perusahaan pada Industri Batik Laweyan

Arrazaq, Habib Anhar and , Lukman Hakim, S.E., M.Si. (2015) Karakteristik Perubahan Organisasi dan Strategi Pengembangan Sebagai Upaya Peningkatan Kinerja Perusahaan pada Industri Batik Laweyan. Skripsi thesis, Uviversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (184kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (282kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (956kB) | Request a copy
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul “KARAKTERISTIK PERUBAHAN ORGANISASI DAN STRATEGI PENGEMBANGAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KINERJA PERUSAHAAN PADA INDUSTRI BATIK LAWEYAN”, Skripsi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta. Perkembangan teknologi dan modernisasi yang terus-menerus menggerus dan menggerogoti budaya-budaya lokal, tidak sedikit industri yang bergerak di bidang tersebut mengalami kerugian hingga penutupan usaha, namun indusri batik yang ada di Laweyan dalam 10 tahun terakhir justru mengalami kemajuan yang sangat pesat. Sehingga peneliti tertarik untuk mengangkat masalah tersebut karena ingin mengidentifikasi faktor-faktor yang mendasari perubahan, tahapan perubahan, dampak yang dirasakan, faktor pendukung perubahan, faktor penghambat perubahan serta resistensi terhadap perubahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dimana teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi tersruktur dan pengamatan di lapangan atau observasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan snowball sampling, yaitu narasumber dipilih berdasarkan pertimbangan tertentu dari peneliti serta mampu memberikan data atau informasi yang dikembangkan dalam penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah, perubahan organisasi didasari oleh faktor persaingan, selera konsumen, pemasukan dari perusahaan, kondisi perekonomian, dewan yang menangani desain batik di daerah-daerah dan lingkungan sekitar. Langkah-langkah perubahan yang dilakukan antara lain mengubah arah dan fokus bisnis, pengembangan pemasaran, pengintensifan promosi, memperbarui dan menambah peralatan yang mempermudah proses produksi maupun transaksi, serta menciptakan produk yang berbeda. Dampak yang dirasakan setelah adanya perubahan organisasi peningkatan terhadap pesanan dan penjualan, kenyamanan dalam bekerja, efisiensi dan efektifitas waktu, meningkatnya taraf kehidupan pegawai dan terbangunnya kerjasama tim yang padu. Faktor yang mendukung perubahan antara lain pemerintah yang memberikan dukungan penuh yang berupa pinjaman, pelatihan dan pengembangan organisasi, adanya organisasi penaung batik (FPKBL),serta tersedianya sumber daya manusia yang potensial. Faktor yang menghambat perubahan antara lain usia tenaga kerja, tingka tpendidikan, kurangya sosialisasi, keadaan keuangan perusahaan, serta lambannya respon pemerintah terhadap usulan-usulan yang diajukan oleh forum dan besarnya rasa gengsi. Faktor yang mempengaruhi resistensi terhadap perubahan adalah ketakutan akan bertambahnya pesaing baru, cara forum mengatasi resistensi adalah dengan berusaha merangkulnya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perubahan organisasi, Strategi Pengembangan, Batik Laweyan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Habib Anhar Arrazaq
Date Deposited: 12 Aug 2015 03:51
Last Modified: 10 Oct 2021 08:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36916

Actions (login required)

View Item View Item