Hargianto, Fredi and , Drs. Yakub Nasucha, M.Hum. (2015) Penggunaan Majas Perbandingan pada Karangan Siswa Kelas 2 SMPN 03 Colomadu Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (433kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (438kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (434kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (440kB) |
|
PDF (Bab V)
BNAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (432kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (432kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (525kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan penggunaan majas perbandingan pada karangan siswa Kelas 2 SMPN 03 Colomadu dan mendeskripsikan implikasi dalam pengajaran bahasa dan sastra Indonesia sehingga dapat memberikan umpan balik terhadap kemampuan mengarang siswa Kelas 2 SMPN 03 Colomadu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Objek penelitian ini berupa penggunaan majas perbandingan pada karangan siswa Kelas 2 SMPN 03 Colomadu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik simak dan catat. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dokumentasi dan pustaka. Hasil analisis data dapat disimpulan bahwa ditemukan beberapa majas perbandingan yang digunakan siswa kelas 2 SMPN 03 Colomadu dalam karangan mereka yaitu majas personifikasi, metafora, sinestesa, simile, dan hiperbola. Implementasi dalam pengajaran bahasa dan sastra Indonesia sehingga dapat memberikan umpan balik terhadap kemampuan mengarang siswa Kelas 2 SMPN 03 Colomadu berdasarkan tujuan pembelajaran adalah Mendidik siswa berkenaan dengan pembentukan karakter siswa yang bertanggung jawab. Dalam hal ini siswa dituntut untuk bisa bertanggung jawab karena siswa dilatih untuk bisa melakukan pekerjaan mereka secara individu dan dipertanggungjawabkan dalam kelompok. Siswa bertanggung jawab dengan karangan mereka yang tidak melukan sistem penulisan dengan menggunakan gaya bahasa yang benar, seperti penggunaan majas perbandingan untuk memperindah dan mempermudah karangan mereka untuk dibaca.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Majas Perbandingan, Implikasi Pembelajaran, Gaya Bahasa |
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Fredi Hargianto |
Date Deposited: | 07 Aug 2015 01:58 |
Last Modified: | 07 Oct 2021 14:11 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36494 |
Actions (login required)
View Item |