Samodra, Dian and , Drs. Djailani, M.Pd. (2015) Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Sains Pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Krendowahono Gondang Rejo Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIIKASI)
Naskah publikasi.pdf Download (328kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
03. HALAMAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf Download (185kB) |
|
PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
|
PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (309kB) |
|
PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf Download (285kB) |
|
PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (87kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang meningkatkan pemahaman konsep sains pada anak melalui metode eksperimen di TK Dharma Wanita Krendowahono, Gondang rejo, Karanganyar, Penelitian ini merupakan bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklusnya terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengumpulan data (observing), dan refleksi (reflectin//////g). Metode pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah informan, dokumen, arsip serta tempat/peristiwa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data yang diguanakan sangat diperlukan agar informasi yang diperoleh dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. subyek penelitian anak TK Dharma Wanita Krendowahono, Gondang rejo Karanganyar dengan banyak anak didik sebesar 20 orang anak didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan pemahaman konsep sains. Pencapaian Prosentase pada prasiklus adalah 40,5%, siklus I adalah 76,75%, siklus II 84,55% Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa melalui metode eksperimen dapat meningkatkan pemahaman konsep sains anak kelompok B TK Dharma Wanita Krendowahono, Gondangrejo, Karanganyar tahun ajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Konsep Sains.Metode Eksperimen |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Dian Samodra |
Date Deposited: | 12 Aug 2015 07:18 |
Last Modified: | 08 Oct 2021 06:00 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36435 |
Actions (login required)
View Item |