Analisis Implementasi Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013 Di SDIT Muhammadiyah Al Kautsar Gumpang Kartasura Tahun Ajaran 2014/2015

Palaguna, Asnawi Fathoni and , Drs. Achmad Fathoni, M.Pd (2015) Analisis Implementasi Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013 Di SDIT Muhammadiyah Al Kautsar Gumpang Kartasura Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas MUhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
naspub.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (876kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (173kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] PDF (Daftra Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (116kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi)
Surat Pernyataan Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Persiapan guru dalam Implementasi Pembelajaran Tematik kurikulum 2013 diSDIT Muhammadiyah Al Kautsar Gumpang Kartasura, (2) Implementasi Pembelajaran Tematik kurikulum 2013 di SDIT Muhammadiyah Al Kautsar Gumpang Kartasura, (3) Evaluasi Implementasi Pembelajaran TematikKurikulum 2013 di SDIT Muhammadiyah Al Kautsar Gumpang Kartasura. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan triangulasi (gabungan) yaitu penggabungan data yang diperolah dengan cara observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian deskriptif kualitatif yaitu menganalisa sebuah fenomena dalam suatu keadaan dengan cara menyimpulkan sebagai hasil analisa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Persiapan yang dilakukan guru dalam implementasi Kurikulum 2013 yaitu dengan cara mengikuti Diklat dan Workshop, mempelajari buku pegangan guru, mempelajari Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar, mempelajari isi RPP, mempelajari Silabus, dan mempelajari tahap pelaksanaan pembelajaran Tematik dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan penutup. (2) Implementasi PembelajaranTematik Kurikulum 2013 dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan Scientificdan dalam pembelajaran terdiri dari 3 tahapan yaitu, pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. (3) Evaluasi dalam Implementasi Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013 yaitu dengan dua cara, yaitu Monev internal (wali kelas) dan Monev eksternal.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Implementasi, Pembelajaran, Tematik, Kurikulum 2013 Analisis, Implementasi, Pembelajaran, Tematik, Kurikulum 2013 Analisis, Implementasi, Pembelajaran, Tematik, Kurikulum 2013
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Asnawi Fathoni Palaguna
Date Deposited: 06 Aug 2015 06:27
Last Modified: 13 Oct 2021 02:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36353

Actions (login required)

View Item View Item