Palaguna, Asnawi Fathoni and , Drs. Achmad Fathoni, M.Pd (2015) Analisis Implementasi Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013 Di SDIT Muhammadiyah Al Kautsar Gumpang Kartasura Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas MUhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
naspub.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (876kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB 1.pdf Download (173kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III .pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
|
PDF (Daftra Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (116kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Pernyataan Publikasi)
Surat Pernyataan Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (351kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Persiapan guru dalam Implementasi Pembelajaran Tematik kurikulum 2013 diSDIT Muhammadiyah Al Kautsar Gumpang Kartasura, (2) Implementasi Pembelajaran Tematik kurikulum 2013 di SDIT Muhammadiyah Al Kautsar Gumpang Kartasura, (3) Evaluasi Implementasi Pembelajaran TematikKurikulum 2013 di SDIT Muhammadiyah Al Kautsar Gumpang Kartasura. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan triangulasi (gabungan) yaitu penggabungan data yang diperolah dengan cara observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian deskriptif kualitatif yaitu menganalisa sebuah fenomena dalam suatu keadaan dengan cara menyimpulkan sebagai hasil analisa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Persiapan yang dilakukan guru dalam implementasi Kurikulum 2013 yaitu dengan cara mengikuti Diklat dan Workshop, mempelajari buku pegangan guru, mempelajari Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar, mempelajari isi RPP, mempelajari Silabus, dan mempelajari tahap pelaksanaan pembelajaran Tematik dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan penutup. (2) Implementasi PembelajaranTematik Kurikulum 2013 dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan Scientificdan dalam pembelajaran terdiri dari 3 tahapan yaitu, pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. (3) Evaluasi dalam Implementasi Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013 yaitu dengan dua cara, yaitu Monev internal (wali kelas) dan Monev eksternal.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis, Implementasi, Pembelajaran, Tematik, Kurikulum 2013 Analisis, Implementasi, Pembelajaran, Tematik, Kurikulum 2013 Analisis, Implementasi, Pembelajaran, Tematik, Kurikulum 2013 |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Asnawi Fathoni Palaguna |
Date Deposited: | 06 Aug 2015 06:27 |
Last Modified: | 13 Oct 2021 02:14 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36353 |
Actions (login required)
View Item |