Wardanu, Venori Dita and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd (2015) Upaya meningkatkan motivasi belajar matematika siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe tgt(teams games tournament) pada siswa kelas viiib smp islam sudirman sumowono tahun pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (129kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (367kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (275kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (583kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pokok bahasan bangun ruang dalam pembelajaran matematika melalui metode pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIIB SMP Islam Sudirman Sumowono yang berjumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar matematika pada pokok bahasan bangun ruang. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang : 1) Keinginan mencari tahu sebelum tindakan 30% dan setelah tindakan 80%, 2) Dorongan mengerjakan tugas sebelum tindakan 20% dan setelah tindakan 73,33%, 3) Mengikuti KBM dengan senang sebelum tindakan 28,89% dan setelah tindakan 83,33%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament)dapat meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi belajar, pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Venori Dita Wardanu |
Date Deposited: | 06 Aug 2015 04:12 |
Last Modified: | 10 Oct 2021 15:43 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36331 |
Actions (login required)
View Item |