KUSUMANINGRUM, Astrid Oktavia and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd AUD (2015) Melalui Media Piring Kertas Dapat Meningkatkan Kreativitas Anak Pada Anak Kelompok B PAUD Al –Hidayah Desa Lorog Kecamatan Tawangsari Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (340kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
Halaman Depan.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (157kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (312kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (123kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
|
PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (553kB) |
Abstract
Kegiatan bernyanyi merupakan kegiatan dimana kita mengeluarkan suara secara beraturan dan berirama baik diiringi oleh iringan musik ataupun tanpa iringan musik yang apabila diterapkan dalam pembelajaran dan di asah maka, akan meningkatkan kemampuan berbahasanya. Fakta yang terjadi di Taman Kanak-Kanak banyak guru yang belum menerapkan metode bernyanyi untuk meningkatkan kemampuan bahasaanak. Sebagian besar mereka hanya menjadikan bernyanyi sebagai sebuah hiburan dikala anak merasa jenuh. Dalam sehari-hari pembelajaran bersifat konvensional, yang mana metode pembelajaran masih berpusat pada guru serta kurangnya sarana dan prasarana disekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak kelompok A di PAUD Al - Hidayah Desa Lorog, Kecamatan Taawangsari Sukoharjo Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan proses kerja 2 siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek peneliti adalah guru dan 12 anak kelompok A PAUD Al - Hidayah. Hasil penelitian menyatakan bahwa dengan metode bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak kelompok A di PAUD Al - Hidayah Desa Lorog, Kecamatan Taawangsari Sukoharjo Tahun Ajaran 2014/2015. Adapun peningkatan rata-rata prosentase kemampuan berbahasa anak dari sebelum tindakan sampai dengan siklus II yakni prasiklus 42,44%, siklus I 60,94%, Siklus II 80,7%. Kesimpulan penelitian ini adalah adanya peningkatan terhadap kemampuan berbahasa dengan metode bernyanyi di PAUD Al – Hidayah Desa Lorog, Kecamatan Taawangsari Sukoharjo Tahun Ajaran 2014/2015
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan, berbahasa. Bernyanyi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Astrid Oktavia Kusumaningrum |
Date Deposited: | 04 Jan 2016 02:36 |
Last Modified: | 08 Oct 2021 04:07 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36150 |
Actions (login required)
View Item |