Peningkatan Minat Belajar Ips Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Artikulasi Bagi Siswa Kelas IV Di SD N Baleharjo 2 Tahun Ajaran 2014/2015

MULDYAWANTO, BOY PRATAMA AGUS and , Dra. Risminawati, M.Pd. (2015) Peningkatan Minat Belajar Ips Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Artikulasi Bagi Siswa Kelas IV Di SD N Baleharjo 2 Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (377kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (964kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (42kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH)
SURAT PERNYATAAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (770kB)

Abstract

Penelitan Tindakan Kelas dengan rumusan masalah “Apakah strategi pembelajaran Artikulasi dapat meningkatkan minat belajar IPS pada siswa kelas IV SD N Baleharjo 2 Tahun Ajaran 2014/2015?” Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar IPS melalui strategi pembelajaran Artikulasi pada siswa kelas IV SD N Baleharjo 2 Tahun Ajaran 2014/2015. Dalam penelitian tindakan kelas ini subjek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Baleharjo 2 yang berjumlah 22 siswa, subjek pelaku tindakan yaitu peneliti dan guru. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Tehnik analisis data yang digunakan dengan menggunakan tehnik model interaktif yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan Kesimpulan/Verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Hal ini dapat dilihat dari minat belajar siswa kondisi awal sebesar 39,50% mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 62,12% dan siklus II sebesar 82,37%. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan Strategi Pembelajaran Artikulasi dapat meningkatkan minat belajar IPS bagi siswa kelas IV SD N Baleharjo 2 tahun ajaran 2014/2015. Kata kunci : Minat, Artikulasi

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat, Artikulasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Boy Pratama Agus Muldyawanto
Date Deposited: 29 Jul 2015 07:12
Last Modified: 10 Oct 2021 11:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35470

Actions (login required)

View Item View Item