MULDYAWANTO, BOY PRATAMA AGUS and , Dra. Risminawati, M.Pd. (2015) Peningkatan Minat Belajar Ips Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Artikulasi Bagi Siswa Kelas IV Di SD N Baleharjo 2 Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (377kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (964kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (55kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (42kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH)
SURAT PERNYATAAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (770kB) |
Abstract
Penelitan Tindakan Kelas dengan rumusan masalah “Apakah strategi pembelajaran Artikulasi dapat meningkatkan minat belajar IPS pada siswa kelas IV SD N Baleharjo 2 Tahun Ajaran 2014/2015?” Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar IPS melalui strategi pembelajaran Artikulasi pada siswa kelas IV SD N Baleharjo 2 Tahun Ajaran 2014/2015. Dalam penelitian tindakan kelas ini subjek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Baleharjo 2 yang berjumlah 22 siswa, subjek pelaku tindakan yaitu peneliti dan guru. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Tehnik analisis data yang digunakan dengan menggunakan tehnik model interaktif yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan Kesimpulan/Verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Hal ini dapat dilihat dari minat belajar siswa kondisi awal sebesar 39,50% mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 62,12% dan siklus II sebesar 82,37%. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan Strategi Pembelajaran Artikulasi dapat meningkatkan minat belajar IPS bagi siswa kelas IV SD N Baleharjo 2 tahun ajaran 2014/2015. Kata kunci : Minat, Artikulasi
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat, Artikulasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Boy Pratama Agus Muldyawanto |
Date Deposited: | 29 Jul 2015 07:12 |
Last Modified: | 10 Oct 2021 11:51 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35470 |
Actions (login required)
View Item |