Efektivitas Penggunaan Strategi Numbered Head Together (Nht) Dalam Pembelajaran Ips Materi Keunggulan Geostrategis Indonesia Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 Banyudono Tahun Ajaran 2014/2015

Laskunary Siregar, Betty Gustina and , M. Amin Sunarhadi, S.Si., M.P. (2015) Efektivitas Penggunaan Strategi Numbered Head Together (Nht) Dalam Pembelajaran Ips Materi Keunggulan Geostrategis Indonesia Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 Banyudono Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (703kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (83kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)

Abstract

Penelitian dilakukan di SMPN 2 Banyudono Desa jetis Kelurahan Jembungan Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali. Pembelajaran efektif dan efisien harus memperhatikan strategi yang digunakan pada setiap proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keefektifan strategi Numbered Head Together (NHT) pada materi keunggulan geostrategis Indonesia kelas VIII SMPN 2 Banyudono tahun 2014/2015. Metode penelitian ini adalah eksperimen siswa kelas VIII A sampai VIII H SMP N 2 Banyudono dengan jumlah 278 siswa. Kedelapan kelas terbagi menjadi kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas eksperimen sebanyak 6 kelas dan proses pembelajarannya menggunakan strategi Numbered Head Together (NHT) sedangkan kelas kontrol sebanyak 2 kelas dalam proses pembelajarannya menggunakan strategi ceramah. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) penggunaan strategi Numbered Head Together (NHT) pada materi keunggulan geostrategis Indonesia kelas VIII SMP N 2 Banyudono menunjukkan peningkatan hasil pembelajarannya yaitu 30,04% dari hasil pre-test 67,89% menjadi 94,93 pada hasil post-test. (2) Strategi konvensional mengalami peningkatan 13,85 dari hasil pre-test 73,53 menjadi 87,38 pada hasil post-test sehingga strategi Numbered Head Together (NHT) lebih efektif dibandingkan strategi ceramah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Numbered Head Together (NHT), efektifitas, peningkatan hasil belajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: BETTY GUSTINA L.S
Date Deposited: 28 Jul 2015 07:50
Last Modified: 11 Oct 2021 05:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35284

Actions (login required)

View Item View Item