Wibowo, Nur and , Dra. Risminawati, M.Pd (2015) Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 07 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
3 SKRIPSI COVER .pdf Download (340kB) |
|
PDF (Bab I)
4 SKRIPSI BAB I.pdf Download (28kB) |
|
PDF (Bab II)
5 SKRIPSI BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
|
PDF (Bab III)
6 SKRIPSI BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (404kB) |
|
PDF (Bab IV)
7 SKRIPSI BAB IV .pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) |
|
PDF (Bab V)
8 SKRIPSI BAB V .pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
|
PDF (Daftar Pustka)
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (17kB) |
|
PDF (Lampran)
10 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
1 NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (245kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah 07 Surakarta, (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah 07 Surakarta, (3) pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah 07 Surakarta. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket atau kuisioner dan dokumentasi. Angket digunakan sebagai alat untuk mengumpulkan data perhatian orang tua dan motivasi belajar. Data prestasi belajar didapat dengan menggunakan metode dokumentasi. Instrumen penelitian diuji coba di SD Muhammadiyah 03 Surakarta dengan jumlah responden 35 siswa. Penelitian ini termasuk penelitian populasi, yaitu seluruh siswa kelas IV SD Muhammadiyah 07 Surakarta dengan jumlah populasi sebanyak 28 siswa, dijadikan sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa, yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi (0,006) < 0,05 dan t hitung > t tabel (2,987 > 2,060). (2) Terdapat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa, yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi (0,012) < 0,05 dan t hitung > t tabel (2,726 > 2,060). (3) Terdapat pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa, dengan persamaan regresi Y=-10,796 + 0,597 X1 + 0,441 X2, dimana nilai signifikansi < 0,05 (0,000 < 0,05) dan f hitung > f tabel dengan df (2, 25) α = 5%, maka 22,244 > 3,38. Dari hasil perhitungan koefisiensi determinasi diketahui bahwa pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar siswa memberikan kontribusi sebesar 61,1% terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah 07 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 28 Jul 2015 06:07 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 16:21 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35253 |
Actions (login required)
View Item |