PRABOWO, Dadang and , Dra. Risminawati, M.Pd (2015) Pengaruh Motivasi dan Kedisiplinan Belajar terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 04 Alastuwo Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
9.Naskah Publikasi.pdf Download (390kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
1.HALAMAN DEPAN.pdf Download (286kB) |
|
PDF (BAB I)
2.BAB I.pdf Download (128kB) |
|
PDF (BAB II)
3.BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) |
|
PDF (BAB III)
4.BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) |
|
PDF (BAB IV)
5.BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
|
PDF (BAB V)
6.BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
7.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (115kB) |
|
PDF (Lampiran)
8.Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (338kB) |
|
PDF (Pernyataan Publikasi Karya Ilmiah)
10.surat pernyataan publikasi karya ilmiah.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1)Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 04 Alastuwo Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2014/2015, 2) Untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan terhadap prestasi belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 04 Alastuwo Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2014/2015, 3) Untuk mengetahui pengaruh motivasi dan kedisiplinan belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 04 Alastuwo Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif (deskriptif kuantitatif), karena pada penelitian ini peneliti menganalisis dan mengklarifikasi dengan menggunakan angket dan mencoba mengungkapkan suatu fenomena dengan menggunakan dasar perhitungan angka. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket atau kuisioner dan dokumentasi. Angket digunakan sebagai alat untuk mengumpulkan data kedisiplinan dan motivasi belajar. Data prestasi belajar diperoleh dengan menggunakan metode dokumentasi. Instrumen penelitian diuji coba di SD Negeri 04 Alastuwo dengan jumlah responden 21 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh nilai t hitung sebesar 2,141 dan angka signifikansi sebesar 0,046. Pengujian ini menunjukkan bahwa p < 0,05 sehingga ada pengaruh yang positif motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPA. Nilai t hitung sebesar 2,666 dan angka signifikansi sebesar 0,016. Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa p < 0,05 sehingga ada pengaruh yang positif kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar IPA. Nilai F sebesar 17,872 dan p (signifikansi) sebesar 0,000. Hasil analisis tersebut p (0,000)< 0,05, sehingga ada pengaruh yang positif motivasi dan kedisiplinan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPA. Kata kunci: belajar, kedisiplilan, motivasi, prestasi, pengaruh
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | belajar, kedisiplilan, motivasi, prestasi, pengaruh |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Dadang Prabowo |
Date Deposited: | 28 Jul 2015 05:12 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 16:16 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35229 |
Actions (login required)
View Item |