HANDAYANI , ROKHYATI (2009) PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN INQUIRI PADA SISWA KELAS VIII SMP N I GRINGSING. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF
A410050225.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF
A410050225.pdf Download (36kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP N I Gringsing. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 5(lima) kelas, sedangkan sampel penelitian sebanyak 2(dua) kelas melalui cluster randam sampling. Dari dua kelas tersebut dikelompokkan menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode pokok yaitu metode tes dan metode bantu yaitu metode dokumentasi dan metode observasi. Teknik analisis datanya menggunakan uji t. Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari analisis data dengan uji t diperoleh thitung = 4.243 sedangkan ttabel = 1,645 pada taraf signifikan 5%. Maka, thitung > ttabel sehingga H0 ditolak. Berarti terdapat perbedaan prestasi belajar matematika yang menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan yang menggunakan pendekatan inquiri. Dari data diperoleh (nilai rata-rata) siswa yang dikenai pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) sebesar 78.75 dan (nilai rata-rata) siswa yang dikenai pendekatan inquiri sebesar 63.50 sehingga dapat dinyatakan bahwa prestasi belajar siswa yang dikenai pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) mengalami perbedaan yang signifikan dari siswa yang diberi pembelajaran dengan metode inquiri.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Prestasi Belajar, CTL, Inquiri |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 14 Jul 2009 02:34 |
Last Modified: | 16 Nov 2010 13:40 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3519 |
Actions (login required)
View Item |