Suswiyana, Suswiyana (2009) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES ( CUPs ) PADA POKOK BAHASAN HIMPUNAN (Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP PGRI 12 Kebakkramat). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF
A410050219.pdf Restricted to Repository staff only Download (470kB) |
||
|
PDF
A410050219.pdf Download (32kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar antara siswa yang diberi pengajaran menggunakan metode CUPs dengan siswa yang diberi pengajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP PGRI 12 Kebakkramat tahun ajaran 2008/2009. Sampel diambil menggunakan teknik random sampling kemudian ditentukan kelompok eksperimen sebanyak 31 siswa yaitu kelas VII B dan kelompok kontrol sebanyak 31 siswa yaitu kelas VII A. Metode pengumpulan data dengan metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t. Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji normalitas dengan metode Liliefors dan uji homogenitas dengan metode Bartlett. Dari hasil analisis data pada = 5 % diperoleh ttabel = 1,671 dan thitung = 3,9038 karena thitung > ttabel maka Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diberi pengajaran menggunakan metode CUPs dengan siswa yang diberi pengajaran menggunakan metode konvensional pada pokok bahasan himpunan. Implikasi dari penelitian ini adalah pengajaran matematika menggunakan metode CUPs pada pokok bahasan himpunan memberikan prestasi belajar yang lebih baik. Oleh karena itu, metode CUPs dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pengajaran guna mengaktifkan siswa pada proses belajar mengajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran, matematika, himpunan |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 14 Jul 2009 02:20 |
Last Modified: | 02 Jan 2012 10:04 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3517 |
Actions (login required)
View Item |