Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Strategi Permainan Pesan Kata Berantai Siswa Kelas III SD Negeri 2 Kemiri Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2014/2015

Karunia, Dhody and , Dra. Risminawati, M.Pd (2015) Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Strategi Permainan Pesan Kata Berantai Siswa Kelas III SD Negeri 2 Kemiri Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (631kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (320kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar melalui strategi permainan pesan kata berantai mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III SD Negeri 2 Kemiri Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas III SD Negeri 2 Kemiri yang berjumlah 24 siswa, subjek pelaku tindakan adalah guru (peneliti). Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan tehnik deskriptif kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari motivasi belajar siswa pada prasiklus 55,20%, siklus I sebesar 64,06%, dan siklus II sebesar 83,34%. Sedangkan hasil belajar siswa pada prasiklus yang memenuhi KKM sebesar 21% (5 siswa), siklus I sebesar 66,67% (16 siswa), dan siklus II sebesar 87,5% (21 siswa). Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Permainan Pesan Kata Berantai dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III SD Negeri 2 Kemiri Tahun Ajaran 2014/2015.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi, hasil belajar, permainan pesan kata berantai.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Jul 2015 03:49
Last Modified: 12 Oct 2021 16:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35024

Actions (login required)

View Item View Item