Karunia, Dhody and , Dra. Risminawati, M.Pd (2015) Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Strategi Permainan Pesan Kata Berantai Siswa Kelas III SD Negeri 2 Kemiri Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (631kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (56kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (464kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (47kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Download (320kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar melalui strategi permainan pesan kata berantai mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III SD Negeri 2 Kemiri Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas III SD Negeri 2 Kemiri yang berjumlah 24 siswa, subjek pelaku tindakan adalah guru (peneliti). Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan tehnik deskriptif kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari motivasi belajar siswa pada prasiklus 55,20%, siklus I sebesar 64,06%, dan siklus II sebesar 83,34%. Sedangkan hasil belajar siswa pada prasiklus yang memenuhi KKM sebesar 21% (5 siswa), siklus I sebesar 66,67% (16 siswa), dan siklus II sebesar 87,5% (21 siswa). Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Permainan Pesan Kata Berantai dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III SD Negeri 2 Kemiri Tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi, hasil belajar, permainan pesan kata berantai. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 25 Jul 2015 03:49 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 16:11 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35024 |
Actions (login required)
View Item |