Rufi’atna, Rizna Pericleseri (2015) Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Jetis 01kecamatan Bakitahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
03 HALAMAN DEPAN.pdf Download (413kB) |
|
PDF (Bab I)
04 BAB I.pdf Download (28kB) |
|
PDF (Bab II)
05 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
|
PDF (Bab III)
06 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
|
PDF (Bab IV)
07 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) |
|
PDF (Bab V)
08 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
10 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (20MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
02 NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (203kB) |
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah melalui Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran pada siswa kelas IV SD Negeri Jetis 01 Kecamatan Baki? Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran pada siswa kelas IV SD Negeri Jetis 01 Kecamatan Baki. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas melalui Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan media gambar terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Jetis 01 Kecamatan Baki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara, catatan lapangan, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan: (1) perilaku pembelajaran guru menggunakan PBL pada pra siklus memperoleh ratarata sebesar 63,64%, pada siklus I meningkat menjadi 80,50% dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 97,50%, (2) sikap siswa dalam belajar pada pra siklus memperoleh rata-rata sebesar 69,00%, pada akhir siklus I meningkat menjadi 73,70% dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 89,50%, (3) perilaku belajar siswa pada pra siklus memperoleh rata-rata sebesar 43,00%, pada akhir siklus I meningkat menjadi 56,60% dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 84,00%, (4) hasil belajar siswa pada pra siklus memperoleh rata-rata sebesar 44,00%, pada akhir siklus I meningkat menjadi 72,00% dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 86,00%. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran tema Indahnya Negeriku sub tema Indahnya Alam Negeriku pada siswa kelas IV SD Negeri Jetis 01 Kecamatan Baki.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | problem based learning; kualitas pembelajaran; media gambar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 25 Jul 2015 03:15 |
Last Modified: | 25 Jul 2015 03:15 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35021 |
Actions (login required)
View Item |