Putra, Nuryahya Aditya and , Drs. Yakub Nasucha, M.Hum. (2015) Analisis Kesalahan Penggunaan Konjungsi Pada Karangan Siswa Kelas XI Keperawatan 2 SMK N 1 Banyudono Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (naskah publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (443kB) |
|
PDF (halaman depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (634kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (97kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (415kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (123kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (27MB) |
|
PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan penggunaan konjungsi subordinatif dan koordinatif pada karangan siswa kelas XI Keperawatan 2 SMKN 1 Banyudono Boyolali, (2) Menilai ketetapan penggunaan kedua konjungsi tersebut pada karangan siswa kelas XI Keperawatan 2 SMKN 1 Banyudono Boyolali. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan desain penelitian yang digunakan dengan metode deskriptif kualitatif yang lebih mendasarkan pada filsafat fenomenologis yang mengutamakan penghayatan. Metode kualitatif berusaha memahami dan menafsirkan makna suatu peristiwa interaksi tingkah laku manusia dalam situasi tertentu menurut perspektif peneliti sendiri, responden dalam metode kualitatif berkembang terus secara be rtujuan sampai data yang dikumpulkan dianggap memuaskan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa ditemukan banyak kesalahan penggunaan konjungsi pada karangan siswa tersebut. Pembelajaran menulis cerita di sekolah tersebut sampai saat ini masih belum dianggap suatu pembelajaran yang penting, sehingga kesan yang muncul dalam diri siswa dalam membuat karangan tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia (2) Kesalahan penggunaan konjungsi berupa (a) konjungsi “dan” diguna kan di awal kalimat, (b) konjungsi “dan” diikuti konjungsi lain, (c) konjungsi “dan” tidak menyatakan penambahan, (d) penggunaan dua konjungsi yang semakna, (e) penggunaan konjungsi yang berupa kata utuh.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konjungsi, Karangan Siswa, SMK |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Nuryahya Aditya Putra |
Date Deposited: | 11 Jul 2015 03:49 |
Last Modified: | 07 Oct 2021 13:48 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34723 |
Actions (login required)
View Item |