Analisis Kesalahan Penggunaan Konjungsi Pada Karangan Siswa Kelas XI Keperawatan 2 SMK N 1 Banyudono Boyolali

Putra, Nuryahya Aditya and , Drs. Yakub Nasucha, M.Hum. (2015) Analisis Kesalahan Penggunaan Konjungsi Pada Karangan Siswa Kelas XI Keperawatan 2 SMK N 1 Banyudono Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (naskah publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (443kB)
[img] PDF (halaman depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (634kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (97kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27MB)
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan penggunaan konjungsi subordinatif dan koordinatif pada karangan siswa kelas XI Keperawatan 2 SMKN 1 Banyudono Boyolali, (2) Menilai ketetapan penggunaan kedua konjungsi tersebut pada karangan siswa kelas XI Keperawatan 2 SMKN 1 Banyudono Boyolali. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan desain penelitian yang digunakan dengan metode deskriptif kualitatif yang lebih mendasarkan pada filsafat fenomenologis yang mengutamakan penghayatan. Metode kualitatif berusaha memahami dan menafsirkan makna suatu peristiwa interaksi tingkah laku manusia dalam situasi tertentu menurut perspektif peneliti sendiri, responden dalam metode kualitatif berkembang terus secara be rtujuan sampai data yang dikumpulkan dianggap memuaskan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa ditemukan banyak kesalahan penggunaan konjungsi pada karangan siswa tersebut. Pembelajaran menulis cerita di sekolah tersebut sampai saat ini masih belum dianggap suatu pembelajaran yang penting, sehingga kesan yang muncul dalam diri siswa dalam membuat karangan tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia (2) Kesalahan penggunaan konjungsi berupa (a) konjungsi “dan” diguna kan di awal kalimat, (b) konjungsi “dan” diikuti konjungsi lain, (c) konjungsi “dan” tidak menyatakan penambahan, (d) penggunaan dua konjungsi yang semakna, (e) penggunaan konjungsi yang berupa kata utuh.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konjungsi, Karangan Siswa, SMK
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Nuryahya Aditya Putra
Date Deposited: 11 Jul 2015 03:49
Last Modified: 07 Oct 2021 13:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34723

Actions (login required)

View Item View Item