Fathonah, Sundari (2009) STUDI TINGKAT KETERSEDIAAN DAN KETERPAKAIAN MEDIA BERKONTEKS LOKAL DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA (PTK Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A410050167.pdf Download (30kB) |
|
PDF
A410050167.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat ketersediaan dan keterpakaian media berkonteks lokal Surakarta dalam penerapan model pembelajaran matematika realistik pada kelas V SD dan mengetahui adanya peningkatan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, review guru, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah 1) Ketersediaan dan keterpakaian media dalam penerapan model pembelajaran matematika realistik pada kelas V SD sudah cukup memadai. Hal ini dapat dilihat dari kegiatan observasi dalam pembelajaran serta hasil review dengan guru matematika. 2) Peningkatan kreativitas siswa yang meliputi dua komponen yaitu kreativitas dalam menggunakan media pembelajaran dan kreativitas dalam mengerjakan soal. Kreativitas dalam menggunakan media pembelajaran meliputi a) kemampuan siswa melakukan manipulasi terhadap penggunaan media pembelajaran dalam pemecahan masalah yang meningkat dari 0% menjadi 69,77% untuk kelas sebelum media direvisi dan 0% menjadi 73,17% untuk kelas setelah media direvisi, b) kemampuan siswa menggunakan media pembelajaran dengan tepat meningkat dari 0% menjadi 74,42% untuk kelas sebelum media direvisi dan 0% menjadi 85,37% untuk kelas setelah media direvisi. Kreativitas dalam mengerjakan soal meliputi a) kemampuan siswa memahami kalimat dari soal meningkat dari 23,26% menjadi 79,07% untuk kelas sebelum media direvisi dan 39,02% menjadi 82,97% untuk kelas setelah media direvisi, b) kemampuan siswa menentukan apa yang diketahui meningkat dari 30,23% menjadi 65,11% untuk kelas sebelum media direvisi dan 43,93% menjadi 78,05% untuk kelas setelah media direvisi, c) kemampuan siswa mengorganisasikan apa yang telah diketahui dalam upaya pemecahan masalah meningkat dari 23,26% menjadi 65,12% untuk kelas sebelum media direvisi dan 36,56% menjadi 80,49% untuk kelas setelah media direvisi, d) kemampuan siswa memecahkan masalah meningkat dari 30,23% menjadi 60,47% untuk kelas sebelum media direvisi dan 53,66% menjadi 85,37% untuk kelas setelah media direvisi. Dengan adanya peningkatan kedua komponen tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika melalui model PMR dengan menggunakan media pembelajaran yang memadai dapat mengalami peningkatan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ketersediaan, keterpakaian, media, berkonteks_lokal, matematika_realistik, kreativitas_siswa |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 11 Jul 2009 04:04 |
Last Modified: | 31 Jan 2011 07:08 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3472 |
Actions (login required)
View Item |