Widyasari, Ellita and , Drs. Ariyanto, M.Pd (2015) Peningkatan Kemandirian dan Penalaran Belajar Matematika Soal Cerita Melalui Strategi Problem(PTK pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 04 Sambi Tahun 2014/2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (649kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB 1 Skripsi.pdf Download (103kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (578kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (222kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (835kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
halaman depan2.pdf Download (1MB) |
Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan kemandirian dan penalaran belajar matematika soal cerita bagi siswa kelas VIIIC SMP Muhammadiyah 04 Sambi dengan strategi pembelajaran Problem Solving dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Sumber data dari guru dan siswa.Pelaksanaan tindakan kelas dilaksanakan selama dua siklus yang terdiri dari 4 pertemuan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan deskriptif kualitatif melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, paparan data, dan penyimpulan.Validitas data dengan triangulasi metode dan sumber. Hasil penelitian, pertama penerapan strategi pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan kemandirian dan penalaran belajar matematika soal cerita siswa kelas VIIIC SMP Muhammadiyah 04 Sambi. Kedua peningkatan kemandirian dan penalaran belajar matematika soal cerita yaitu (a) siswa mampu mengatasi masalah belajarnya sendiri dari kondisi awal (9,375%), siklus 1 (28,125%) dan siklus II (78,125%) (b) siswa dapat mengatur diri sendiri dari kondisi awal (18,75%), siklus I (46,875%) dan siklus II (81,25%) (c) siswa yang mengerjakan PR dari kondisi awal yang belum ada, siklus I (21,875%), dan siklus II (93,75%) (d) siswa yang percaya diri dari kondisi awal (6,25%), siklus I (21,875%), dan siklus II (75%) (e) menyajikan pernyataan matematika secara tertulis dari kondisi awal belum ada siswa yang menuliskannya, siklus I (59,375%), dan siklus II (84,375%) (f) menemukan pola atau sifat dari gejala matematika dari kondisi awal belum ada, siklus I (37,5%), siklus II (68,75%) (g) menarik kesimpulan dari kondisi awal belum ada, siklus I (18,75%), dan siklus II (68,75%).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemandirian, penalaran dan Problem Solving |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ellita Widyasari |
Date Deposited: | 11 Jul 2015 04:53 |
Last Modified: | 10 Oct 2021 13:46 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34716 |
Actions (login required)
View Item |