MONITASARI, ULFAH and , Prof. Harsono, SU. (2015) Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Sambi Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.
PDF (Naskah Publikasi)
2. NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Halaman Depan)
3. HALAMAN DEPAN.pdf Download (475kB) |
|
PDF (BAB I)
4. BAB I.pdf Download (108kB) |
|
PDF (BAB II)
5. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
|
PDF (BAB III)
6. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) |
|
PDF (BAB IV)
7. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
|
PDF (BAB V)
8. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (66kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (32kB) |
|
PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
1. SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap kreativitas siswa mata pelajaran Ekonomi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Sambi Tahun Pelajaran 2014/2015 Penelitian ini termasuk penelitian ekperimen semu (quasi experimental research). Penelitian ekperimen semu, pengontrolannya hanya dilakukan terhadap beberapa variabel yang paling utama, selain itu peneliti memandang perlakuan di lapangan dapat dilaksanakan secara realistis. Penelitian ini membandingkan kreativitas belajar dari kelompok eksperimen yang dikenakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dimana peneliti bertindak sebagai pengajar dengan kelompok kontrol yang dikenakan pembelajaran dengan metode ceramah. sampel penelitian ini akan diambil 2 kelas, yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen terdiri dari 32 siswa dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol terdiri dari 32 siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa secara keseluruhan terdapat perbedaan prestasi belajar mata pelajaran Ekonomi antara siswa yang dikenai model pembelajaran kontekstual dengan siswa yang diajar dengan metode ceramah. Dalam hal ini prestasi belajar siswa yang dikenai model pembelajaran kontektual lebih baik dari pada pembelajaran dengan metode ceramah. Disamping itu terdapat interaksi antara model pembelajaran kontekstual dan kreativitas terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Ekonomi. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa: hasil pengujian nilai sginfikansi sebesar 0,016 dengan demikian hipotesis null ditolak dan Ha diterima artinya ada perbedaan nilai antara siswa yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran model ceramah dan model CTL. Nilai signifikansi kreativitas nilai signifikansi sebesar 0,18 dengan demikian hipotesis null ditolak dan Ha diterima artinya ada perbedaan kreativitas antara siswa kelas yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran model ceramah dan model CTL.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Contextual teaching learning, metode ceramah, kelas control, kelas eksperimen, kreativitas belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ulfah Monitasari |
Date Deposited: | 09 Jul 2015 08:29 |
Last Modified: | 07 Oct 2021 09:12 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34583 |
Actions (login required)
View Item |