Siswanto, Juli and , Drs. Ma’arif Jamuin, M.Si and , Drs. Zaenal Abidin, M.Pd (2015) Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Akhlak Terhadap Perilaku Peserta Didik Di SMK Muhammadiyah 5 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
bagian AWAL revisi.pdf Download (124kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
03. Halaman Depan.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BAB I)
04. BAB I.pdf Download (208kB) |
|
PDF (BAB II)
05. BAB II.pdf Download (288kB) |
|
PDF (BAB III)
06. BAB III.pdf Download (213kB) |
|
PDF (BAB IV)
07. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
|
PDF (BAB V)
08. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
PDF (BAB VI)
09. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
10. Daftar Pustaka.pdf Download (76kB) |
|
PDF (Lampiran)
11. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
01. Surat Pernyataan Publikasi Karya Ilmiah.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
Abstract
Guru sering dianggap sebagai sosok yang memiliki kepribadian yang ideal. Oleh karena itu, guru menjadi figur yang dicontoh oleh peserta didik. Dalam Undang-undang Guru dan Dosen ada empat kompetensi yang harus dimiliki guru, salah satunya yaitu kompetensi kepribadian. Kompetensi kepribadian ini memiliki peran dan fungsi sangat penting dalam membentuk perilaku peserta didik. Guru yang memiliki kepribadian yang baik diharapkan tidak hanya mengajar ilmu pengetahuan saja melainkan mendidik perilaku peserta didik sehingga menjadi baik.Masalah yang akan dikaji pada skripsi ini adalah bagaimana pengaruh kompetensi kepribadian guru akhlak terhadap perilaku peserta didik di SMK Muhammadiyah 5 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya mempengaruhi perilaku peserta didik berkaitan dengan kompetensi kepribadian guru akhlak di SMK Muhammadiyah 5 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015. Adapun manfaat penelitian ini adalah sebagai upaya untuk memperkaya khasanah keilmuan dibidang pendidikan, khususnya yang berkaitan dengan kompetensi kepribadian guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah deduktif. Berdasarkan analisis data penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa pengaruh kompetensi kepribadian guru akhlak terhadap perilaku peserta didik di SMK Muhammadiyah 5 Surakarta, meliputi: bertindak sesuai norma hukum, memperlihatkan perilaku disiplin, tindakan yang didasarkan pada pendampingan siswa, memiliki perilaku yang disegani. Sedangkan indikator kompetensi kepribadian dari guru meliputi: kepribadian yang mantap dan stabil, kepribadian yang dewasa, kepribadian yang arif, akhlak mulia dan dapat menjadi teladan, kepribadian yang berwibawa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Kepribadian Guru, Perilaku Peserta didik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Juli Siswanto |
Date Deposited: | 09 Jul 2015 08:20 |
Last Modified: | 06 Oct 2021 13:36 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34506 |
Actions (login required)
View Item |