Sari, Ivana Kusuma and , Drs. Djumali, M.Pd (2015) Perbandingan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial antara Strategi Pembelajaran Diskusi dengan Strategi Pembelajaran Role Playing Pada Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (719kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (880kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (177kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (428kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (305kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (329kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (219kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH)
SURAT PERNYATAAN ARTIKEL PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (261kB) |
Abstract
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL ANTARA STRATEGI PEMBELAJARAN DISKUSI DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015 Ivana Kusuma Sari, A210110010. Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Mei, 2015 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) adanya pemilihan strategi pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa, 2) adanya bagaimana memahami belajar, menguasai materi melalui pembelajaran diskusi dan pembelajaran role playing sehingga hasil belajar siswa meningkat Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa tahun ajaran 2014/2015 pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang berjumlah 66 siswa. Sampel diambil sebanyak 44 siswa dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Sebelum melakukan tindakan pelaksanaan, terlebih dahulu peneliti menguji beberapa kelas untuk diterapkan strategi pembelajaran diskusi dengan strategi pembelajaran role playing dengan melihat dari hasil raport siswa yang diuji menggunakan uji independent t-test. Hasilnya yakni nilai thitung < ttabel yaitu 0,196 < 2,015 sehingga Ho diterima, thitung tersebut dengan probabilitas sebesar 0,846 > 0,05 itu berarti tidak ada perbedaan hasil belajar siswa kelas 7B dan 7C. Diperoleh nilai rata-rata (mean) hasil belajar kelas 7B 81,4773 dan rata-rata(mean) hasil belajar kelas 7C 82,2955. Selanjutnya kedua kelompok tersebut diberikan perlakuan yang berbeda dimana kelas eksperimen dalam pembelajarannya menggunakan metode role playing dan pada kelas kontrol diberikan metode pembelajaran diskusi. Berdasarkan uji t diperoleh hasil thitung > ttabel, yaitu thitung > ttabel yaitu 2,903 > 2,018 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,042. Kesimpulan penelitian ini adalah karena thitung > ttabel yaitu 2,903 > 2,018 maka H0 ditolak, berarti ada perbedaan antara strategi diskusi dengan strategi role playing.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, strategi pembelajaran diskusi, dan strategi pembelajaran role playing. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ivana Kusuma Sari |
Date Deposited: | 08 Jul 2015 06:46 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 07:04 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34436 |
Actions (login required)
View Item |