Khasanah, Laila Miftakhul and , Dra. Chusniatun, M.Ag. and , Dr. Mutohharun Jinan, M.Ag. (2015) Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas X Pada Pembelajaran Iman Kepada Malaikat di Muhammadiyah Boarding School Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
02. Naskah Publikasi.pdf Download (908kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
03. Halaman Depan.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf Download (152kB) |
|
PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) |
|
PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
|
PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) |
|
PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
|
PDF (Bab VI)
09. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (87kB) |
|
PDF (Lampiran)
11. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
01. Surat Pernyataan Publikasi Karya Ilmiah.pdf Restricted to Repository staff only Download (472kB) |
Abstract
Banyaknya siswa yang tidak aktif dalam pembelajaran disebabkan karena proses pembelajaran selama ini belum melibatkan siswa secara aktif. Salah satu upaya peningkatan keaktifan pembelajaran adalah mengubah paradigma dari pengajaran yang berpusat pada guru ke pembelajaran yang berpusat pada siswa, dan perubahan paradigma ini menuntut agar para guru lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan pembelajaran siswa di kelas. Permasalahan yang akan dikaji dalam skripsi ini adalah bagaimana upaya meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X pada pembelajaran iman kepada malaikat di Muhammadiyah Boarding School Klaten tahun pelajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya peninkatan keaktifan belajar siswa kelas X pada pembelajaran iman kepada malaikat di Muhammadiyah Boarding School Klaten. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif mengambil latar MA Muhammadiyah Boarding School Klaten. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa upaya guru dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa cukup baik, dan ini dijelaskan sebagai berikut : 1. Siswa mulai semangat mendengarkan. 2. Semangat membaca siswa meningkat. 3. Keaktifan siswa di luar kelas. 4. Siswa berpikir untuk menjawab pertanyaan. 5. Siswa memiliki rasa percaya diri. Terakhir, rekomendasi peneliti dalam peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PAI perlu adanya kerjasama antara guru dan siswa. Pemahaman setiap karakteristik dan kemampuan siswa lebih diperhatikan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan Belajar, Pembelajaran Keimanan |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Laila Miftakhul Khasanah |
Date Deposited: | 07 Jul 2015 08:29 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 13:45 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34391 |
Actions (login required)
View Item |