PRIHATINI , PRIMA SARI (2009) KONTRIBUSI IKLIM KELAS, MOTIVASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SEMESTER II SMP NEGERI 3 JEPARA TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF
A410050107.pdf Restricted to Repository staff only Download (387kB) |
||
|
PDF
A410050107.pdf Download (30kB) |
|
Microsoft Word
A410050107.doc Download (25kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan : (1) untuk menganalisis dan menguji kontribusi iklim kelas, motivasi, dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika, (2) untuk menganalisis dan menguji kontribusi iklim kelas terhadap prestasi belajar matematika, (3) untuk menganalisis dan menguji kontribusi motivasi terhadap prestasi belajar matematika, (4) untuk menganalisis dan menguji kontribusi kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII Semester II SMP Negeri 3 Jepara sebanyak 150 Siswa, sedangkan sampel penelitian ini sebanyak 100 siswa yang diambil dengan teknik proporsional random sampling dengan undian. Pengambilan data iklim kelas, motivasi, dan kemandirian belajar siswa menggunakan metode angket, data prestasi belajar dengan menggunakan metode tes. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi tiga prediktor dengan terlebih dahulu menguji persyaratannya. Hasil Penelitian ini adalah : (1) Secara simultan iklim kelas, motivasi, dan kemandirian belajar berkontribusi terhadap prestasi belajar matematika dengan dengan p = 0,001 maka persamaan regresinya Y = 0,058 + 0,049 X1 + 0,052 X2 – 0,05 X3 dan memberikan dukungan sebesar R2 = 0,153, (2) Secara parsial iklim kelas berkontribusi terhadap prestasi belajar matematika dengan ryx1.23 = 0,236 p = 0,014 dan b1 = 0,049. Sumbangan relatif sebesar 47,06% dan sumbangan efektif sebesar 7,20%, (3) Secara parsial motivasi belajar berkontribusi terhadap prestasi belajar matematika dengan ryx2.13 = 0,253 p = 0,008 dan b2 = 0,052. Sumbangan relatif sebesar 52,61% dan sumbangan efektif sebesar 8,05%, (4) Secara parsial kemandirian belajar tidak berkontribusi terhadap prestasi belajar matematika dengan ryx3.12 = -0,022 p = 0,813 dan b3 = -0,05. Sumbangan relatif sebesar 0,33% dan sumbangan efektif sebesar 0,05%. Jadi motivasi belajar secara simultan maupun parsial memberikan kontribusi terbesar terhadap prestasi belajar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : iklim kelas, motivasi, kemandirian belajar, prestasi belajar |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 09 Jul 2009 02:46 |
Last Modified: | 16 Nov 2010 14:26 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3438 |
Actions (login required)
View Item |