OKTA PRASETIA, YAYANG and , Dr. Samino, M.M. (2015) Peran Pengurus HMP PGSD Dalam Peningkatan Motivasi Belajar Di Progdi PGSD FKIP UMS. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (378kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (177kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (37kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (21kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (693kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pelaksanaan kegiatan HMP PGSD sebagai upaya peningkatan motivasi belajar di Progdi PGSD FKIP UMS, (2) peran pengurus HMP PGSD dalam peningkatan motivasi belajar di Progdi PGSD FKIP UMS. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif fenomenologi. Subyek dalam penelitian ini adalah pengurus HMP PGSD (ketua umum, ketua bidang I, ketua bidang II, ketua bidang III, ketua bidang IV, ketua divisi WKI, ketua bidang V, seorang anggota bidang II, seorang anggota bidang III, seorang anggota bidang IV, dua mahasiswi dari semester I dan III). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini adalah triangulasi (triangulasi sumber dan triangulasi teknik) dan keajegan pengamatan. Teknik analisis data yang diterapkan berupa reduksi data, menampilkan data, dan verifikasi data. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: (1) terdapat berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh HMP PGSD sebagai upaya peningkatan motivasi belajar. Pelaksanaan kegiatan tersebut memberikan peran kepada pengurus yang meliputi peran intra-personal, peran informasi, dan peran keputusan, (2) menjadi pengurus HMP PGSD berperan dalam peningkatan motivasi belajar, peran tersebut meliputi peran intra-personal, peran informasi, dan peran keputusan. Kata kunci : peran, pengurus, HMP, PGSD, motivasi, belajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peran, pengurus, HMP, PGSD, motivasi, belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 06 Jul 2015 07:44 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 07:31 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34339 |
Actions (login required)
View Item |