Peran Pengurus HMP PGSD Dalam Peningkatan Motivasi Belajar Di Progdi PGSD FKIP UMS

OKTA PRASETIA, YAYANG and , Dr. Samino, M.M. (2015) Peran Pengurus HMP PGSD Dalam Peningkatan Motivasi Belajar Di Progdi PGSD FKIP UMS. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (378kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (177kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pelaksanaan kegiatan HMP PGSD sebagai upaya peningkatan motivasi belajar di Progdi PGSD FKIP UMS, (2) peran pengurus HMP PGSD dalam peningkatan motivasi belajar di Progdi PGSD FKIP UMS. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif fenomenologi. Subyek dalam penelitian ini adalah pengurus HMP PGSD (ketua umum, ketua bidang I, ketua bidang II, ketua bidang III, ketua bidang IV, ketua divisi WKI, ketua bidang V, seorang anggota bidang II, seorang anggota bidang III, seorang anggota bidang IV, dua mahasiswi dari semester I dan III). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini adalah triangulasi (triangulasi sumber dan triangulasi teknik) dan keajegan pengamatan. Teknik analisis data yang diterapkan berupa reduksi data, menampilkan data, dan verifikasi data. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: (1) terdapat berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh HMP PGSD sebagai upaya peningkatan motivasi belajar. Pelaksanaan kegiatan tersebut memberikan peran kepada pengurus yang meliputi peran intra-personal, peran informasi, dan peran keputusan, (2) menjadi pengurus HMP PGSD berperan dalam peningkatan motivasi belajar, peran tersebut meliputi peran intra-personal, peran informasi, dan peran keputusan. Kata kunci : peran, pengurus, HMP, PGSD, motivasi, belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peran, pengurus, HMP, PGSD, motivasi, belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 06 Jul 2015 07:44
Last Modified: 12 Oct 2021 07:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34339

Actions (login required)

View Item View Item