Hidayatulloh, Mukhtar and , Dr. Ari Anshori, M.Ag. and , Dr. Badaruddin, M.Ag. (2015) Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Pendidikan Aqidah Akhlak Melalui Pembelajaran Kontekstual Pada Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Hasanuddin Desa Biting Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
naskah publikasi.pdf Download (5MB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (797kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (7MB) |
|
PDF (BAB VI)
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (17MB) | Request a copy |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (23MB) | Request a copy |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
|
PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH)
pernyataan.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (569kB) | Request a copy |
Abstract
Motivasi adalah hal terpenting dalam pembelajaran di dalam kelas, karena motivasi adalah suatu dorongan untuk melakukan sesuatu yang bertujuan untuk merubah tingkah laku siswa agar menjadi lebih baik. Metode pembelajaran yang paling tepat dalam pembelajaran Pendidikan Aqidah Akhlak adalah pembelajaran kontekstual. Karena metode ini mampu menggabungkan antara teori dengan realita. Sehubungan dengan hal tersebut maka guru Pendidikan Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Hasanuddin berupaya meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menerapakan pebelajaran kontekstual dalam kegiatan belajar mengajar. Rumusan penelitian adalah bagaimana upaya peningkatan motivasi belajar pendidikan aqidahh akhlak melalui pembelajaran kontekstual pada siswa kelas XI Madrasah Aliyah Hasanuddin. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya peningkatan motivasi belajar Pendidikan Aqidah akhlak melalui pembelajaran kontekstual pada siswa kelas XI Madrasah Aliyah Hasanuddin. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kulitatif-deskriptif, dan metode analisis datanya adalah induktif. Dari penelitian yang telah dilakukan peneliti menemukan bahwa (1) guru pendidikan aqidah akhlak tidak hanya menggunakan teoritis saja, tetapi juga menggunakan metode pembelajaran kontekstual. Pembelajaran kontekstual ini mempunyai kelebihan yaitu, menggabungkan antara teori dan kenyataan. Jadi, siswa dapat termotivasi dengan adanya pembelajaran kontekstual. Maka semakin sering guru menggunakan pembelajaran kontekstual semakin termotivasi peserta didik di dalam kelas. (2) Metode pembelajaran kontekstual yang digunakan oleh guru aqidah akhlak di Madrasah Aliyah Hasanuddin adalah : pembelajaran berbasis masalah, membuat aktivitas belajar bekerja sama dengan masyarakat, penilaian. Kata kunci: Motivasi belajar, Aqidah Akhlak, Pembelajaran Kontektual
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Motivasi belajar, Aqidah Akhlak, Pembelajaran Kontektual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | mukhtar h |
Date Deposited: | 07 Jul 2015 04:08 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 13:30 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34332 |
Actions (login required)
View Item |