Adinda, Darini Diva and , Drs. Zaenal Abidin, M.Pd. and , Drs. Ma’arif Jamuin, M.Sc. (2015) Bimbingan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur'an Pada Siswa di SMP Muhammadiyah 1 Kartasura Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
02. Naskah Publikasi.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Halaman Depan)
03. Halaman Depan.pdf Download (2MB) |
|
PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf Download (206kB) |
|
PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (554kB) |
|
PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) |
|
PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) |
|
PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) |
|
PDF (Bab VI)
09. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
10. Daftar Pustaka.pdf Download (214kB) |
|
PDF (Lampiran)
11. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
01. Surat Pernyataan Publikasi Karya Ilmiah.pdf Restricted to Repository staff only Download (382kB) |
Abstract
Bimbingan adalah upaya membantu indidvidu belajar mengembangkan fitrah dan atau kembali kepada fitrah, dengan cara memberdayakan (enpowering) iman, akal, dan kemauan yang dikaruniakan Allah Swt kepadanya untuk mempelajari tuntunan Allah dan Rasul-Nya, agar fitrah yang ada pada individu itu berkembang dengan benar dan kokoh sesuai tuntunan Allah Swt. Tujuan penelitian ini adalah ingin mendiskripsikan jenis kesulitan belajar membaca Al-Qur’an, bentuk layananan bimbingan yang dilakukan guru pendidikan agama Islam serta faktor pendukung dan penghambat layanan bimbingan guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’an pada siswa di SMP Muhammadiyah 1 Kartasura. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research), karena data yang diperlukan untuk menyusun karya ilmiah ini diperoleh dari lapangan, yaitu di SMP Muhammadiyah 1 Kartasura. Untuk memperoleh data dalam penulisan ini, penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul selanjutnya dilakukan analisis data. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan penarikan kesimpulannya menggunakan cara berfikir induktif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa, jenis kesulitan belajar dalam membaca Al-Qur’an diantaranya siswa belum mengenal huruf hijāiyah, siswa belum menguasai tanda baca, isyarat baca, serta hukum-hukum tajwīd. Sedangkan bentuk layanan bimbingan mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’an tidak hanya membagi kelompok sesuai dengan kemampuan, pengenalan huruf hijāiyah, pengenalan tanda baca, pengenalan isyarat baca, pengenalan hukum-hukum tajwīd, tutor sebaya, tilāwah dan tartīl . Namun peneliti menemukan layanan bimbingan baru yang belum ada pada teori yaitu: menggunakan lagu (Ibu-Farhan feat Hadad Alwi) untuk mengenalkan huruf hijāiyah kepada siswa. Dalam pelaksanaan layanan bimbingan ada faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung diantaranya adalah guru yang sabar, sarana dan prasarana, ekstrakurikuler, serta guru yang berkompeten. Sedangkan faktor penghambat adalah kurang perhatian dari orang tua, beragamnya kemampuan siswa yang berbeda-beda, terpengaruhnya oleh lingkungan di masyarakat seperti bermain Play Station, menonton TV yang menampilkan hiburan yang sama sekali tidak bermanfaat, kurangnya kesadaran siswa itu dalam pelaksanaan kegiatan mengaji atau kegiatan Ektrakurikuler dan sibuknya anak-anak yang gaduh dan tidak memperhatikan ketika kegiatan bimbingan membaca Al-Qur’an yang ada di sekolah. Kata Kunci: Bimbingan, Kesulitan Belajar, Membaca Al-Qur’an
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan, Kesulitan Belajar, Membaca Al-Qur’an |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Darini Diva Adinda |
Date Deposited: | 06 Jul 2015 08:51 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 13:14 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34327 |
Actions (login required)
View Item |