Widiastuti, Retnaning and , M. Amin Sunarhadi, S.Si., M.P. (2015) Efektivitas Strategi Snowball Throwing Pada Materi Keunggulan Iklim di Indonesia Kelas VIII SMP Negeri 1 Sambi Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (737kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
halaman depan.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (2MB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
|
PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (609kB) |
Abstract
Latar belakang masalah ini adalah pembelajaran yang sering terjadi di kelas masih didominasi guru, sehingga pembelajaran di kelas kurang efektif , pencapaian efektivitas pembelajaran diperlukan strategi pembelajaran yang tepat sesuai kondisi peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi snowball throwing dapat digunakan untuk mencapai tujuan pada materi keunggulan iklim di Indonesia, dan mengetahui strategi snowball throwing lebih efektif dibandingkan metode konvensional. Metode penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan melakukan Pre test - Post test. Terdapat dua kelas yaitu kelas eksperimen menggunakan strategi snowball throwing dan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sambi Boyolali. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai pengetahuan dan keterampilan kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Rata-rata nilai pre test kelas eksperimen yang semula 49,11 meningkat sebesar 76,01 pada nilai post testnya dengan peningkatan mencapai 155% dan nilai terendah 75 serta rata-rata nilai keterampilannya 3,5, sedangkan kelas kontrol rata-rata nilai pre test 61,14 meningkat menjadi 72,42 dengan peningkatan hanya 118% dan nilai terendah 70, serta nilai rata-rata keterampilan sebesar 3,4, padahal KKM yang ditentukan adalah 75. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tujuan pembelajaran pada materi pembelajaran keunggulan iklim di Indonesia dapat tercapai dan strategi snowball throwing lebih efektif dibandingkan dengan metode konvensional. Kata kunci : Efektivitas, Ilmu pengetahuan Sosial, Strategi Snowball throwing
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Ilmu pengetahuan Sosial, Strategi Snowball Throwing |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Retnaning Widiastuti |
Date Deposited: | 06 Jul 2015 07:22 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 03:31 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34277 |
Actions (login required)
View Item |