Efektivitas Strategi Snowball Throwing Pada Materi Keunggulan Iklim di Indonesia Kelas VIII SMP Negeri 1 Sambi Boyolali

Widiastuti, Retnaning and , M. Amin Sunarhadi, S.Si., M.P. (2015) Efektivitas Strategi Snowball Throwing Pada Materi Keunggulan Iklim di Indonesia Kelas VIII SMP Negeri 1 Sambi Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (737kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
halaman depan.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (609kB)

Abstract

Latar belakang masalah ini adalah pembelajaran yang sering terjadi di kelas masih didominasi guru, sehingga pembelajaran di kelas kurang efektif , pencapaian efektivitas pembelajaran diperlukan strategi pembelajaran yang tepat sesuai kondisi peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi snowball throwing dapat digunakan untuk mencapai tujuan pada materi keunggulan iklim di Indonesia, dan mengetahui strategi snowball throwing lebih efektif dibandingkan metode konvensional. Metode penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan melakukan Pre test - Post test. Terdapat dua kelas yaitu kelas eksperimen menggunakan strategi snowball throwing dan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sambi Boyolali. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai pengetahuan dan keterampilan kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Rata-rata nilai pre test kelas eksperimen yang semula 49,11 meningkat sebesar 76,01 pada nilai post testnya dengan peningkatan mencapai 155% dan nilai terendah 75 serta rata-rata nilai keterampilannya 3,5, sedangkan kelas kontrol rata-rata nilai pre test 61,14 meningkat menjadi 72,42 dengan peningkatan hanya 118% dan nilai terendah 70, serta nilai rata-rata keterampilan sebesar 3,4, padahal KKM yang ditentukan adalah 75. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tujuan pembelajaran pada materi pembelajaran keunggulan iklim di Indonesia dapat tercapai dan strategi snowball throwing lebih efektif dibandingkan dengan metode konvensional. Kata kunci : Efektivitas, Ilmu pengetahuan Sosial, Strategi Snowball throwing

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Ilmu pengetahuan Sosial, Strategi Snowball Throwing
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Retnaning Widiastuti
Date Deposited: 06 Jul 2015 07:22
Last Modified: 11 Oct 2021 03:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34277

Actions (login required)

View Item View Item