Nuryanti, Rini (2009) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP MELALUI PERTANYAAN-PERTANYAAN INOVATIF PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN (PTK Di SMP N 1 BOYOLALI Kelas VIII Semester 2 Tahun Ajaran 2008/2009). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Microsoft Word
A410050033.doc Download (34kB) |
||
|
PDF
A410050033.pdf Download (243kB) |
|
PDF
A410050033.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa SMP melalui pertanyaan-pertanyaan inovatif pada pokok bahasan lingkaran. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan di SMP N 1 Boyolali, subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII-C SMP N 1 Boyolali yang berjumlah 44 siswa, subyek pelaksanaan tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VIII-C, metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, metode tes, catatan lapangan dan dokumentasi, analisis data secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah proses pembelajaran melalui pertanyaan-pertanyaan inovatif pada pokok bahasan lingkaran dapat meningkatkan pemahaman konsep, yang dilihat dari prestasi belajar siswa. Adapun peningkatan kemampuan konsep lingkaran siswa dari 75 % menjadi 84 % dan nilai rata-rata siswa dari 74,95 menjadi 79,84.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : pemahaman konsep, pertanyaan-pertanyaan inovatif. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 04 Jul 2009 02:49 |
Last Modified: | 16 Nov 2010 14:37 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3420 |
Actions (login required)
View Item |