FEBRIYANI, DWI and , Drs. Muhroji, S. E., M. Si., M. Pd. (2015) Penerapan Strategi Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 04 Tawangmangu Tahun 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
03. HALAMAN DEPAN.pdf Download (401kB) |
|
PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf Download (33kB) |
|
PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) |
|
PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) |
|
PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
|
PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (54kB) |
|
PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
02. NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (666kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV melalui penerapan strategi Numbered Head Together (NHT). Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek pelaksana adalah peneliti dan guru kelas IV, sedangkan subjek penerima tindakan ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 04 Tawangmangu yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah model analisis interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pokok bahasan Energi Panas dan Energi Bunyi. Hal ini dapat dilihat dari perolehan indikator pencapaian motivasi. Indikator pencapaian motivasi 42,85%, 52,38%, 23,80% pada pra siklus, 52,38%, 57,14%, 38,09% pada siklus I, 80,95%, 85,71%, 80,95% pada siklus II. Hasil tes tertulis yang dilakukan sesudah tindakan menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Sebelum diberikan tindakan kelas, hasil belajar siswa yang mencapai KKM sebesar 42,85%, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 66,66% sedangkan diakhir tindakan hasil belajar siswa yang mencapai KKM sebesar 85,71%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Numbered Head Together (NHT), Motivasi, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Kurnia Utami |
Date Deposited: | 02 Jul 2015 07:42 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 07:15 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34083 |
Actions (login required)
View Item |