Sari, Nita Ratna and , Dr. Darsinah, M. Si (2015) Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Kemampuan Sains Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi Sribit Kecamatan Delanggu Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
ARTIKEL PUBLIKASI.pdf Download (780kB) |
|
PDF (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (846kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (94kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (468kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (725kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH)
SURAT PERNYATAAN ARTIKEL PUB.pdf Restricted to Repository staff only Download (307kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan sains anak yang masih beragam. Hal ini disebabkan salah satunya karena metode pembelajaran yang sering digunakan adalah metode pemberian tugas dimana metode tersebut kurang memberikan kesempatan pada anak untuk melakukan percobaan-percobaan sehingga anak belum paham mengenai sebab dan akibat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen terhadap kemampuan sains pada anak kelompok B di TK Pertiwi Sribit Kecamatan Delanggu Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan yaitu pre-experimental design jenis one group pretest-possttest design. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B di TK Pertiwi Sribit Kecamatan Delanggu Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 29 anak. Teknik pengumpulan data kemampuan sains yang digunakan adalah observasi. Teknik analisis data menggunakan t-test. Hasil penelitian diperoleh kemampuan sains anak kelompok B pada pretest sebesar 305 dan posttest 435. Hasil analisis data uji t diperoleh bahwa thitung< -ttabel = -6.149 < -2.051. Hal ini menunjukkan bahwa H_a diterima dan H_o ditolak. Kesimpulan penelitian ini adalah metode eksperimen berpengaruh terhadap kemampuan sains anak kelompok B di TK Pertiwi Sribit Kecamatan Delanggu Tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode eksperimen, kemampuan sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Nita Ratna Sari |
Date Deposited: | 14 Jul 2015 01:38 |
Last Modified: | 08 Oct 2021 02:49 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34012 |
Actions (login required)
View Item |