FATMAWATI, HANY and , Drs.Mulyadi Sri Kamulyan, SH, M.Pd (2015) Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Kradenan Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (144kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (342kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (312kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (535kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (65kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI ILMIAH.pdf Download (783kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri Kradenan, (2) pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar Matetatika siswa kelas V SD Negeri Kradenan, (3) pengaruh fasilitas belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri Kradenan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear ganda yang sebelumnya sudah dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji linearitas. Hasil analisis data dengan menggunakan taraf signifikansi 5 % diketahui bahwa (1) fasilitas belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar Matematika siswa kelas V di SD Negeri Kradenan. Hasil uji thitung > ttabel, yaitu 2,035 > 2,011 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,047 dengan sumbangan relatif sebesar 45% dan sumbangan efektif sebesar 11,61%. (2) lingkungan belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar Matematika siswa kelas V di SD Negeri Kradenan. Hasil uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,349 > 2,011 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,023 dengan sumbangan relatif sebesar 55% dan sumbangan efektif sebesar 14,19%. (3) fasilitas belajar dan lingkungan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar Matematika siswa kelas V di SD Negeri Kradenan. Hasil uji F diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 8,341 > 3,23 dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,001. Dari perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai R2 adalah sebesar 0,258 yang menunjukkan bahwa besarnya pengaruh fasilitas belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri Kradenan Tahun Pelajaran 2013/2014, adalah sebesar 25,8 %, sedangkan sisanya 74,2 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | fasilitas belajar, lingkungan belajar, prestasi belajar Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Kurnia Utami |
Date Deposited: | 01 Jul 2015 08:39 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 07:11 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34001 |
Actions (login required)
View Item |