ROHMAWATI, DESY NUR and , Dra. Risminawati, M.Pd (2015) Pengaruh Frekuensi Belajar Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Kelas V SD Negeri 01 Potronayan Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (538kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (102kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (454kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (473kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (192kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (435kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh frekuensi belajar, kemandirian belajar, frekuensi belajar dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa di SDN 01 Potronayan. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 01 Potronayan yang berjumlah 35 siswa yang keseluruhan dijadikan sampel. Penelitian ini memiliki tiga variabel yaitu frekuensi belajar dan kemandirian belajar (variabel bebas) serta prestasi belajar (variabel terikat). Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Untuk uji validitas menggunakan rumus Product Moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach’s Alpha. Sebelum melakukan analisis data, dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Uji normalitas penelitian ini menggunakan uji Kolmogorov Smirnov. Pada analisis data, digunakan uji regresi ganda, uji t (uji hipotesis), uji F (keberartian regresi), koefisien determinasi, sumbangan efektif dan sumbangan relatif. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi Y = 40,106 + 0,341X1 + 0,230 X2. Hasil analisis uji t dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai thitung > ttabel. Karena thitung berada pada daerah penolakan Ho maka ada pengaruh yang signifikan frekuensi belajar dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar. Hasil uji r2 diperoleh r2 sebesar 0,603 berarti pengaruh yang diberikan sebesar 60,3%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | frekuensi belajar; kemandirian belajar; prestasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Kurnia Utami |
Date Deposited: | 01 Jul 2015 08:29 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 07:10 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33995 |
Actions (login required)
View Item |