Pelaksanaan Metode Active Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Siswa Kelas X SMKN 9 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015)

Yaman, Basyir and , Drs. Zainal Abidin, M.Ag. and , Drs. Ma’arif Jamuin M.Si. (2015) Pelaksanaan Metode Active Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Siswa Kelas X SMKN 9 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
02. Naskah Publikasi.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
03. Halaman Depan.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB I)
04. BAB I.pdf

Download (97kB)
[img] PDF (BAB II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] PDF (BAB III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (BAB IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (BAB V)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (BAB VI)
09. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
10. Daftar Pustaka.pdf

Download (135kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
11. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
01. Surat Pernyataan Publikasi Karya Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (694kB)

Abstract

Salah satu permasalahan serius yang yang dihadapi dunia pendidikan sekarang ini adalah rendahnya kualitas pembelajaran, seperti pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Proses pembelajaran pendidikan agama yang terjadi kerap kali baru bersifat seadanya, rutinitas, formalitas, kering, dan kurang makna. Dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan agama adalah dengan memperbaiki kualitas pembelajaran, yaitu melalui pembelajaran aktif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pelaksanaan metode active learning dalam pembelajaran agama Islam dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas X SMK Negeri 9 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015 dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanakan metode active learning pada siswa kelas X SMK Negeri 9 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode active learning dalam meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran agama Islam kelas X SMK Negeri 9 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015 serta untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penerapan metode active learning di SMK Negeri 9 Surakarta. Penelitian ini bersifat field research (penelitian lapangan) dengan sumber data dari siswa, guru PAI, wakil kepala sekolah, kepala sekolah dan pelaksanaan metode active learning dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas X SMK Negeri 9 Surakarta serta dokumen di SMK Negeri 9 Surakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah deduktif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan metode active learning mempengaruhi dalam peningkatkan pemahaman siswa kelas X SMK Negeri 9 Surakarta, sehingga siswa aktif dalam kelas dan dapat memahami pendidikan agama Islam dengan metode yang menarik dan tidak membosankan. Hal tersebut ditandai dengan nilai siswa yang rata-rata di atas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 75. Pemahaman siswa dapat diukur dengan tiga aspek menurut kurikulum yang digunakan yaitu kurikulum 2013 yaitu: Aspek Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik. Serta faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan metode active learning yaitu diskusi kelompok.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Active Learning, Pendidikan Agama Islam, Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Basyir Yaman
Date Deposited: 02 Jul 2015 03:06
Last Modified: 12 Oct 2021 13:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33957

Actions (login required)

View Item View Item