Cahyaningtyas, Anita Dwi (2009) ANALISIS PELAKASANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Studi Kasus di Kelas VII SMP N 24 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF
A410040194.pdf Restricted to Repository staff only Download (551kB) |
||
|
PDF
A410040194.pdf Download (94kB) |
|
Microsoft Word
A410040194.doc Download (31kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Keterlaksanaan kegiatan belajar mengajar dengan KTSP yang berlangsung untuk mata pelajaran matematika, khususnya subpokok bahasan pecahan, (2) Ketersediaan sarana dan prasarana untuk pelaksanaan proses belajar mengajar dan penilaian yang tersedia di sekolah dan (3) Hambatan-hambatan yang terjadi dengan pelaksanaan KTSP. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII D SMP N 24 Surakarta tahun ajararan 2007/2008 dengan jumlah 40 siswa. Penelitian dilakukan dengan metode angket, observasi, dan wawancara. Angket digunakan untuk mengetahui keterlaksanaan KTSP untuk guru mata pelajaran matematika, wakil kepala bidang kurikulum dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar serta sarana pendukung kegitan belajar mengajar. Observasi digunakan untuk mengetahui kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan KTSP. Wawancara digunakan untuk memperkuat hasil penyebaran angket tentang keterlaksanaan KTSP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterlaksanaan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan KTSP oleh guru dan wakil kepala bidang kurikulum mencapai 65,83%. (2) keterlaksanaan KTSP dalam pembelajaran menurut siswa sebesar 65,27 %. (3) menurut guru dan wakil kepala bidang kurikulum keterlaksanaan komponen pendukung KTSP mencapai 91,63 %. Selanjutnya hasil penelitian menunjukkan bahwa sarana dan prasarana pada umumnya sudah mendukung kegiatan belajar mengajar. Sedangkan hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan KTSP di SMP N 24 Surakarta sebagai berikut (1) Pada proses kegiatan belajar mengajar guru jarang mengkaitkan materi pembelajaran dengan lingkungan sekitarnya, (2) Guru jarang menerapkan metode diskusi dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas, (3) Siswa kurang mendapat tugas dari guru untuk mencari data yang berhubungan dengan materi pelajaran, khususnya pecahan dan (4) Sebagian kecil siswa kurang berminat dalam mengikuti kegiatan-kegiatan yang ada selama proses belajar mengajar berlangsung.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Pendidikan, Belajar, Matematika, Pecahan |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 03 Jul 2009 07:30 |
Last Modified: | 16 Nov 2010 14:52 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3392 |
Actions (login required)
View Item |