Perbedaan Pemberian Modul Pembelajaran Dan Buku Paket Ipa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di MTsN Susukan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2014/ 2015

Maulida, Itsna and , Dr. Sofyan Anif, M.Si (2015) Perbedaan Pemberian Modul Pembelajaran Dan Buku Paket Ipa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di MTsN Susukan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
02. Naskah Publikasi.pdf

Download (479kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
03. Halaman Depan.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB I)
04. BAB I.pdf

Download (221kB)
[img] PDF (BAB II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] PDF (BAB III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] PDF (BAB IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] PDF (BAB V)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
09. Daftar Pustaka.pdf

Download (103kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
10. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
01. Surat Pernyataan Publikasi Karya Ilmiah.pdf

Download (862kB)

Abstract

Modul adalah salah satu bentuk bahan ajar yang dikemas secara utuh dan sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemberian modul pembelajaran dengan buku paket terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di MTsN Susukan. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan sampel yang diambil secara acak didapat kelas 8C (kelas eksperimen dengan modul pembelajaran) dan 8E (kelas kontrol dengan buku paket). Data diperoleh dari hasil belajar siswa ranah kognitif dan afektif pokok materi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup, dianalisis menggunakan statistik dengan program SPSS. Hasil data berdistribusi normal dan homogen, dan hasil analisis data diperoleh nilai Signifikansi 0,003 < 0,05 maka H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan pemberian modul pembelajaran dengan buku paket IPA terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di MTsN Susukan. Perbedaan dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa ranah kognitif dan afektif. Modul pembelajaran mempunyai pengaruh yang cukup tinggi karena dari hasil belajar ranah kognitif diperoleh rata-rata nilai 81,29 sedang ranah afektif nilai rata-rata 2,9714. Untuk buku paket IPA mempunyai pengaruh yang lebih rendah karena dari hasil belajar ranah kognitif diperoleh rata-rata nilai 74,57 sedang ranah afektif hasil nilai rata-rata 2,8357.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, modul pembelajaran, buku paket IPA, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Itsna Maulida
Date Deposited: 26 Jun 2015 08:24
Last Modified: 11 Oct 2021 04:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33677

Actions (login required)

View Item View Item