Pelaksanaan Microteaching Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Pgsd Fkip Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun 2014 / 2015

DWI SAPUTRO, PIPIT and , Drs. Achmad Fathoni, M.Pd (2015) Pelaksanaan Microteaching Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Pgsd Fkip Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun 2014 / 2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN AWAL.pdf

Download (937kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (117kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (370kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: Pelaksanaan Microteaching sebagai upaya meningkatkan kompetensi pedagogik mahasiswa PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta, (2) Peran Dosen Pengampu Microteaching dalam meningkatkan kompetensi pedagogik mahasiswa PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah Subyek penelitian adalah mahasiswa PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta tahun 2014/2015 yang telah melaksanakan Microteaching dalam meningkatkan kompetensi pedagogik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini adalah triangulasi (triangulasi sumber dan triangulasi teknik) dan keajegan pengamatan. Teknik analisis data yang diterapkan berupa reduksi data, menampilkan data, dan verifikasi data. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: (1) terdapat berbagai kegiatan yang dilaksanakan dalam pelaksanaan Microteaching sebagai upaya peningkatan kompetensi pedagogik mahasiswa PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta. Pelaksanaan kegiatan tersebut memberikan peningkatan kompetensi pedagogik mahasiswa yang meliputi kemampuan mengelola pembelajaran, pemahaman terhadap peserta didik, perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, pemanfaatan teknologi pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik. (2) Peran Dosen Pengampu Microteaching dalam meningkatkan kompetensi pedagogik mahasiswa PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta. Peran tersebut meliputi peran dosen sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, pelatih, dan pengembang pada pelaksanaan program Microteaching.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: microteaching, kompetensi, pedagogik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1508 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2015 08:42
Last Modified: 10 Oct 2021 04:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33574

Actions (login required)

View Item View Item