Ambarwati, Retno and , Drs. Mulyadi Sri Kamulyan S.H, M.Pd (2015) Studi Komparasi Strategi Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading Composition) Dan Scramble Terhadap Hasil Belajar Pada Tema 5 Subtema 2 Siswa Kelas IV SD Negeri Ngadirejo 1 Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (550kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (157kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (255kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (483kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (498kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (189kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
ARTIKEL PUBLIKASI.pdf Download (483kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Membedakan hasil belajar pada tema 5 subtema 2 dalam penggunaan strategi CIRC (Cooperative Integrated Reading Composition) dan Scramble siswa kelas IV SD N Ngadirejo 1 Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo. 2) Untuk menunjukkan mana yang lebih besar pengaruhnya antara penggunaan penggunaan strategi CIRC (Cooperative Integrated Reading Composition) dan Scramble pada siswa kelas IV SD N Ngadirejo 1 Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yaitu metode penelitian yang digunakan untuk mencari hubungan sebab akibat antara dua faktor yang sengaja ditimbulkan oleh peneliti untuk mencari pengaruh tertentu terhadap yang lain dengan kondisi yang terkendali. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SD N Ngadirejo 1 tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari kelas IVA dan IVB. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t yang didahului dengan uji prasyarat analisis yaitu uji keseimbangan dan uji nomalitas. Instrumen penelitian berupa soal tes sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Berdasarkan hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung>ttabel, yaitu 3,098 >1,960 dengan nilai rata-rata hasil belajar 85,96 >77,83. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) adanya perbedaan hasil belajar pada tema 5 subtema 2 antara penerapan strategi CIRC (Cooperative Integrated Reading Composition) dan Scramble pada siswa kelas IV SD N Ngadirejo 1, (2) strategi CIRC (Cooperative Integrated Reading Composition) memberikan pengaruh lebih besar terhadap hasil belajar siswa dibandingkan dengan Scramble.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi, CIRC (Cooperative Integrated Reading Composition), scramble, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 23 Jun 2015 03:11 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 06:13 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33548 |
Actions (login required)
View Item |