Saptono, Joko and , Prof. Dr. Bambang Sumardjoko and , Dr. Suyatmini, MSi (2015) Pengelolaan Kelas Standar Industri Pada Paket Keahlian Teknik Sepeda Motor Smk Muhammadiyah 4 Boyolali. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Download (565kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
depan lengkap.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (232kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (389kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (316kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (309kB) | Request a copy |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf Download (350kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
|
PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
surat pernyataan publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (259kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan standarisasi yang diterapkan pada paket keahlian teknik sepeda motor SMK Muhammadiyah 4 Boyolali, (2) mendeskripsikan perencanaan kelas standar industri, (3) mendeskripsikan pelaksanaan kelas standar industri, dan (4) mendeskripsikan pengawasan kelas standar industri pada paket keahlian teknik sepeda motor SMK Muhammadiyah 4 Boyolali. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Pelaksanaan penelitian di SMK Muhammadiyah 4 Boyolali. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, ketua kompetensi keahlian teknik sepeda motor, guru kejuruan, dan pihak-pihak yang terkait untuk menunjang data penelitian. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Keabsahan data menggunakan, triangulasi dan review informan kunci. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, data display dan kesimpulan. Hasil penelitian: paket keahlian menerapkan standarisasi yang ditetapkan oleh industri mitra, implementasinya terkolaborasi dengan standar nasional pendidikan. Perencanaan kelas industri dilaksanakan melibatkan industri mitra meliputi sinkronisasi kurikulum industri dengan kurikulum pemerintah menjadi kurikulum implementatif, penyiapan sarana dan prasarana, kompetensi guru dan bahan ajar. Pelaksanaan kelas industri meliputi pembelajaran teori, praktik di sekolah, praktik di industri, teaching factory, implementasi budaya industri dan kunjungan industri. Pengawasan kelas industri melibatkan industri mitra dalam bentuk monitoring dan akreditasi oleh industri. Evaluasi pembelajaran dilaksanakan dalam bentuk uji kompetensi standar industri dan diterbitkan sertifikat kompetensi. Kata kunci: pengelolaan, kelas standar industri.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan, Kelas Industri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Joko Saptono |
Date Deposited: | 23 Jun 2015 04:19 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 13:17 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33534 |
Actions (login required)
View Item |