Pelaksanaan Paktek Micro Teaching Program Studi Pendidikan Agama Islam Di Laboratorium FAI UMS Tahun Akademik 2014/2015

Hakim, Aulia Rahman and , Drs. Zaenal Abidin, M.Pd. and , Maria Ulfa, S.Pd.I. (2015) Pelaksanaan Paktek Micro Teaching Program Studi Pendidikan Agama Islam Di Laboratorium FAI UMS Tahun Akademik 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PULIKASI.pdf

Download (386kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (687kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (108kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB) | Request a copy
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB)
[img] PDF (SKRIPSI FULL TEKS)
SKRIPSI FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan Paktek Micro Teaching Program Studi Pendidikan Agama Islam Di Laboratorium FAI UMS Tahun Akademik 2014/2015 Rencana pelaksanaan pembelajaran dipandang sebagai suatu alat yang dapat membantu para pengelola pendidikan untuk menjadi daya guna dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Masalah yang mendasar dalam penelitian ini adalah tentang “Bagaimana keterampilan mahasiswa dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran dan implementasinya pada praktek micro teching program studi Pendidikan Agama Islam di laboratorium FAI UMS tahun akademik 2014/2015?”.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan mahasiswa semester VI dalam menyusun perencanaan pembelajaran (RPP) dan implementasinnya pada praktek micro teaching program studi Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif yaitu dengan data primer dan sekunder. Sumber data primer adalah data yang diperoleh langsung dari wawancara dengan mahasiswa tarbiyah semester VI yang mengikuti praktek micro teaching dan hasil pengamatan lainnya. Sedangkan sumber data sekunder adalah data yang diambil melalui dokumen tempat penelitian atau pihak lain Teknik pengumpulan data ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu metode duduktif, yaitu suatu cara berfikir yang berangkat dimana teori masih menjadi alat penelitian sejak memilih dan menemukan masalah, membangun hipotesis, maupun melakukan pengamatan di lapangan sampai dengan menguji data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan mahasiswa semester VI sebagai calon guru agama dalam menyusun perencanaan pembelajaran (RPP) dikatakan sudah baik karena: 1) Dalam menentukan rumusan tujuan pembelajaran dengan cara melihat materi yang akan diajarkan sehingga dapat menentukan isi dan target yang ingin dicapai. 2) Dalam menentukan materi yang akan disusun dalam RPP perlu memilih sumber belajar terlebih dahulu yang berkait dengan materi pembelajaran yang akan dipelajari dengan menunjang terhadap pencapaian tujuan. 3) Dalam menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif dengan menentukan metode pembelajaran yang sesuai agar tercipta pembelajaran yang diinginkan. 4) Dalam menentukan media, terlebih dahulu dengan melihat situasi dan kondisi yang ada di lapangan. 5) Dalam menentukan penilaian telah mengikuti prosedur RPP melalui empat teknik penilaian, akan tetapi karena ruang lingkupnya baru praktek mengajar maka baru dilakukan dengan teknik post test atau pre test dengan melihat tingkat kesulitan materi terlebih dahulu. Adapun dalam implementasinya, mahasiswa praktek micro teaching sudah baik akan tetapi perlu adanya perbaikan dengan banyak latihan di depan cermin sesuai dengan pesan dari teman-teman ataupun dosen pengampu di laboratorium micro teaching program studi Pendidikan Agama Islam FAI UMS. Kata Kunci: Keterampilan Menyusun RPP & Keterampilan Micro

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menyusun RPP & Keterampilan Micro
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Aulia Rahman Hakim
Date Deposited: 22 Jun 2015 08:12
Last Modified: 12 Oct 2021 13:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33522

Actions (login required)

View Item View Item