Wulandari, Tutik and , Drs. Slamet HW, M.Pd (2015) Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PTK Pada Siswa Kelas VIII G Semester Genap SMP Negeri 1 Kartasura Tahun Pelajaran 2014/2015). Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (663kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (584kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (166kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (511kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (195kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Kartasura melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif berdasarkan fungsinya dengan desain penelitian tindakan kelas. Sumber data guru dan siswa. metode pengumpulan data observasi, tes, dan kajian dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian, 1) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Kartasura. 2) Peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika yaitu: a) keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum dilakukan tindakan ada 2 siswa (6,25%) pada siklus I ada 5 siswa (15,62%) dan siklus II menjadi 12 siswa (37,50%), b) keaktifan siswa dalam mengerjakan soal latihan di depan kelas sebelum dilakukan tindakan ada 7 siswa (21,87%) pada siklus I ada 17 siswa (53,13%) dan siklus II menjadi 22 siswa (68,75%), c) keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan sebelum tindakan ada 10 siswa (31,25%) pada siklus I ada 17 siswa (53,13%) dan siklus II menjadi 25 siswa (78,13%), d) keaktifan siswa dalam mengemukakan ide sebelum tindakan ada 6 siswa (18,75%) pada siklus I ada 18 siswa (56,25%) dan siklus II menjadi 21 siswa (65,63%). 3) Peningkatan hasil belajar matematika siswa tuntas KKM ≥75 sebelum dilakukan tindakan kelas ada 9 siswa (28,13%), pada siklus I ada 13 siswa (43,75%) dan siklus II menjadi 23 siswa (71,87%).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan, Hasil belajar, Problem Based Learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Tutik Wulandari |
Date Deposited: | 19 Jun 2015 07:35 |
Last Modified: | 09 Oct 2021 13:50 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33451 |
Actions (login required)
View Item |